Breaking News:

Berita Klungkung

Nusa Penida Kekurangan Ketersediaan Dokter Spesialis Kandungan, Hanya Ada 1 Dokter di RS Gema Santi

Menurutnya untuk mencari dokter spesialis yang bersedia bertugas di Nusa Penida, menjadi hal yang sangat sulit sampai saat ini.

Istimewa
Anggota Komisi III DPRD Klungkung saat mengecek kondisi Ni Komang Mulilisa di RSUD Klungkung, Senin 15 Maret 2021 - Komisi III DPRD Klungkung Akan Koordinasi dengan Dinas Kesehatan Terkait Hal Ini 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Seorang ibu asal Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Ni Komang Mulilisa sempat mengalami kendala saat akan melakukan proses persalinan, Sabtu (13 Maret 2021) lalu.

Kerena kehamilan beresiko, ibu itu harus dirujuk dari Puskesmas Nusa Penida I  ke RSUD Klungkung.

Mengingat di RS Gema Santi Nusa Penida hanya ada satu tenaga dokter spesialis kandungan (Obgyn) , yang kebetulan saat itu sedang cuti. 

Direktur RS Pratama Gema Santi Nusa Penida, dr I Ketut Rai Sutapa saat dikonfirmasi mengatakan, selama ini hanya ada seorang dokter spesialis kandungan di RS Gema Santi Nusa Penida.

Kebetulan, Sabtu (13 Maret 2021) dokter spesialis tersebut sedang cuti.  

"Kalau masalah cuti sebenarnya hal yang biasa. Jangan hanya melihat satu pasien yang harus dirujuk ke Klungkung daratan karena dokter kebetulan cuti, tapi lihat juga berapa pasien yang ditangani oleh dokter spesialis Obgyn kami, walau hanya satu orang,"  ungkap Direktur RS Pratama Gema Santi Nusa Penida dr I Ketut Rai Sutapa, Senin (15 Maret 2021). 

Baca juga: Seorang Ibu di Nusa Penida Kesulitan Dapat Layanan Persalinan, Bayar Rp3,5 Juta untuk Ambulans Laut

Baca juga: Tak Ada Pemadaman Listrik Saat Nyepi di Bali, I Made Arya: Di Nusa Penida Dipadamkan

Baca juga: BREAKING NEWS: Tim Gabungan Temukan Jenazah Laki-Laki Mengambang di Perairan Nusa Penida Bali

Menurutnya untuk mencari dokter spesialis yang bersedia bertugas di Nusa Penida, menjadi hal yang sangat sulit sampai saat ini.

Tahun sebelumnya bahkan tidak ada dokter spesialis yang bersedia melamar PNS untuk penempatan di Nusa Penida

"Saat ini dokter spesialis kandungan yang bersedia bertugas di RS Gema Santi hanya satu orang,  itupun dari program PGDS  (Pendayagunaan Dokter Spesialis) oleh pemerintah pusat. Kebetulan dokter kami itu mengajukan cuti, karena sejak pertama kali bertugas di Nusa Penida dokter spesialis kami itu belum pernah mengambil cuti," ungkapnya. 

Rai Sutapa menjelaskan, sejak Januari 2021, satu-satunya dokter spesialis kandungan di RS Gema Santi itu sudah menangani 23 persalinan normal, 32 persalinan dengan operasi, dan 8 kali kuret. 

Halaman
12
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved