Breaking News:

Serba Serbi

Rahina Tumpek Wariga Beberapa Hari Lagi, Jangan Lupa Siapkan Banten Upakara Ini

Setelah Nyepi pada 14 Maret 2021, dilanjutkan dengan Tumpek Wariga pada Sabtu 20 Maret 2021, beberapa hari lagi.

Tribun Bali/I Putu Supartika
ilusrasi - Pelaksanaan perayaan Tumpek Wariga, Sabtu (12/1/2018). Rahina Tumpek Wariga Beberapa Hari Lagi, Jangan Lupa Siapkan Banten Upakara Ini 

Laporan Wartawan Tribun Bali Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Setelah Nyepi pada 14 Maret 2021, dilanjutkan dengan Tumpek Wariga pada Sabtu 20 Maret 2021, beberapa hari lagi.

Dijelaskan dalam Alih Aksara Alih Bahasa dan Kajian Lontar Sundarigama, bahwa Sabtu Kliwon Wariga dinamakan Tumpek Panguduh.

Merupakan hari suci pemujaan Sanghyang Sangkara.

"Sebab beliau merupakan dewa penguasa kesuburan semua tumbuhan dan pepohonan," jelas I Nyoman Suarka, Koordinator Tim Alih Aksara Alih Bahasa dan Kajian Lontar Sundarigama, Kamis 18 Maret 2021.

Baca juga: Tumpek Uduh, Mengasihi Tumbuh-tumbuhan, Memuja Sang Hyang Sangkara

Sesajennya terdiri atas pras, tulung sasayut, tumpeng, bubur, tumpeng agung satu, babi guling, atau guling itik juga boleh, disertai jajan, panyeneng, tatebus.

Maknanya, kata dia, adalah untuk memohon keselamatan tanaman agar dapat berbunga, berbuah dan berdaun lebat sebagai sumber kehidupan.

 "Untuk manusia dibuatkan sesajen berupa sasayut sumber kehidupan," katanya.

Untuk manusia ini, dibuatkan sesajen berupa sasayut cakragni I sebagai simbol penguatan hati dan pikiran untuk menumbuhkan kekuatan batin.

Lanjutnya, makna Tumpek Panguduh bagi diri umat manusia sendiri adalah menumbuhkan pikiran dan batin yang esoterik.

Melalui simbol pemberdayaan kekuatan Cakra api di dalam diri dalam upaya menghadang pengaruh pikiran dan perasaan hati yang buruk.

"Dengan perayaan hari suci Tumpek Panguduh ini, umat Hindu diharapkan dapat menumbuhkan benih-benih kekuatan pikiran dan batin yang paling rahasia," sebutnya. (*)

Artikel lainnya di Serba Serbi

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved