Breaking News:

Berita Klungkung

Refocusing, Disbudpora Klungkung Sulit Kelola Anggaran PKB

Pemkab Klungkung tengah melakukan persiapan untuk dapat ikut berpartisipasi pada PKB (Pesta Kesenian  Bali), yang rencananya akan digelar bulan Juni

istimewa
Penampilan duta Kabupaten Klungkung pada gelaran PKB tahun 2019 silam 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Pemkab Klungkung tengah melakukan persiapan untuk dapat ikut berpartisipasi pada PKB (Pesta Kesenian  Bali), yang rencananya akan digelar bulan Juni 2021 mendatang.

Hanya saja sampai saat ini, Disbudpora Klungkung mengalami kesulitan karena anggaran PKB mengalami refocusing (penyesuaian). 

Kadisbudpora Klungkung Ida Bagus Jumpung Oke Wedana menjelaskan, anggaran PKB di Klungkung mengandalkan anggaran BKK (Bantuan Keuangan Khusus) Provinsi Bali.

Sebelumnya anggaran BKK Provinsi Bali untuk PKB ke Klungkung dialokasikan Rp750 juta.

Hanya saja direfocusing menjadi Rp500 juta. 

Baca juga: Seniman di Tabanan Bali Belum Berani Berlatih, Tunggu Petunjuk Pelaksanaan PKB 2021

Baca juga: Sulit Lakukan Persiapan PKB Saat Pandemi, Disbudpora Klungkung Bali Tunggu Rekomendasi Provinsi Bali

Baca juga: Pemda Karangasem Bali Rencanakan Pentaskan 7 Kelompok Kesenian di PKB 2021

"Semua Kabupaten merata dapat BKK untuk PKB sebesar Rp500 juta. Ini yang kami koordinasikan ke sekha (kelompok) yang ada tampil di PKB. Terutama ada sekha yang dari Nusa Penida," jelas Ida Bagus Jumpung, Senin 22 Maret 2021. 

Menurutnya saat ini staff Disbudpora sedang melakukan koordinasi dengan para sekha di Nusa Penida, terkait dengan ketersediaan anggaran tersebut. 

" Dengan refocusing ini, kita memang sulit kelola anggaran untuk PKB ini. Apalagi secara geografis, kita punya wilayah kepulauan. Sekha dari Nusa Penida ini setelah tampil kan, tidak mungkin langsung kembali ke Nusa Penida. Ada biaya tambahan untuk menginap, dan tambahan konsumsi juga untuk mereka. Juga mereka harus menyebrang dengan boat, " jelas Ida Bagus Jumpung. 

Pada PKB tahun 2021 ini, rencananya Pemkab Klungkung akan menampilkan beberapa gelaran seperti gong anak-anak di Nusa Penida, gong kebyar wanita dan dewasa, serta baleganjur. 

"Saat ini staff kami masih koordinasi, apakah sekha di Nusa Penida bisa tampil dengan anggaran yang kami alokasikan," jelasnya. 

Ikuti berita tentang PKB

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved