Breaking News:

Terusan Suez

Krisis Terusan Suez: Tim Penyelamat Kapal Ever Given Siapkan Empat Skenario Solusi

Tim penyelamat sudah menyampaikan proses membebaskan kapal raksasa itu rumit sehingga bisa memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Editor: DionDBPutra
Mahmoud KHALED/AFP
Pemandangan dari jendela pesawat komersial 27 Maret 2021 menunjukkan ratusan kapal yang antre di Laut Merah. Kapal-kapal itu belum bisa melewati Terusan Suez yang macet sejak kapal kontainer MV Ever Given kandas 23 Maret 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, SUEZ - Krisis Terusan Suez masih menjadi perhatian dunia. Operasi membebaskan kapal kontainer raksasa Ever Given yang kandas di Terusan Suez pada 23 Maret 2021 masih berlanjut.

Tim penyelamat sudah menyampaikan proses membebaskan kapal raksasa itu rumit sehingga bisa memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Kapal Ever Given dioperasikan perusahaan Taiwan Evergreen Marine.

Panjang kapal kontainer itu empat kali lapangan sepak bola. Kapal ini tersumbat di ujung selatan kanal paling ramai di dunia itu sehingga kapal lain tidak melewati.

Baca juga: Fakta Menarik Terusan Suez yang Perlu Anda Tahu, Digali Sejak Zaman Firaun Mesir

Baca juga: Terusan Suez Bisa Macet Berminggu-minggu, Dunia Rugi Rp 5,6 Triliun Per Jam

Lebih dari 300 kapal saat ini terdampar di Laut Merah.

BBC melaporkan ada sejumlah skenario yang sedang dan mungkin akan ditempuh tim penyelamat untuk segera membebaskan kapal kontainer tersebut.

Menambah kapal tunda

Foto yang dirilis  Otoritas Terusan Suez pada 26 Maret 2021  menunjukkan kapal keruk coba membebaskan MV Ever Given (Evergreen) milik Taiwan yang kandas. Kapal sepanjang 400 meter dan lebar 59 meter itu tersangkut ke samping  sehingga  menghalangi semua lalu lintas di seberang jalur air Terusan Suez Mesir.
Foto yang dirilis Otoritas Terusan Suez pada 26 Maret 2021 menunjukkan kapal keruk coba membebaskan MV Ever Given (Evergreen) milik Taiwan yang kandas. Kapal sepanjang 400 meter dan lebar 59 meter itu tersangkut ke samping sehingga menghalangi semua lalu lintas di seberang jalur air Terusan Suez Mesir. (AFP/Suez CANAL)

Kapal penuh muatan itu panjangnya 400 meter (1.300 kaki), terjepit diagonal di kanal yang lebarnya tidak lebih dari 200 meter (656 kaki).

Perangkat lunak lalu lintas pengiriman menunjukkan sekelompok kapal tunda dioperasikan di kedua sisi kapal. Mereka menggunakan kabel atau menempatkan diri langsung di samping kontainer.

Kapal tunda berusaha menggeser Ever Given dari tepi pasir di kedua sisi kanal.

Baca juga: Kisah Awak Kapal Selam TNI AL Sebrangi Terusan Suez Sampai Bikin Mencak-mencak Prancis

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved