Breaking News:

Terusan Suez

Terusan Suez: Buritan dan Kemudi Kapal Ever Given Sudah Bisa Bergerak Sedikit

Tim penyelamat mengatakan, mereka sudak bisa menggerakkan buritan dan kemudi kapal Ever Given setelah kapal keruk menggali 20.000 ton pasir.

Editor: DionDBPutra
AFP PHOTO/AHMED HASAN
Momen yang diabadikan pada Sabtu 27 Maret 2021 memperlihatkan kapal tunda berusaha menggerakkan kapal Ever Given yang terjebak dan membuat Terusan Suez. 

TRIBUN-BALI.COM, SUEZ - Meski masih jauh dari selesai, ada kabar mengenai usaha membebaskan kapal Ever Given yang terjebak di Terusan Suez,

Pada hari Minggu 28 Maret 2021 kapal raksasa itu sudah bisa bergerak sedikit.

Tim penyelamat mengatakan, mereka sudak bisa menggerakkan buritan dan kemudi kapal Ever Given setelah kapal keruk menggali 20.000 ton pasir dari sekitar haluannya.

Menurut laporan The Independent, total 9.000 ton air pemberat juga dikeluarkan dari kapal Evergreen (nama operator yang tertera di lambung) untuk meringankan bobot kapal.

Evakuasi kapal Ever Given mengalami sedikit kemajuan, tetapi masih belum jelas kapan kondisi Terusan Suez macet bisa berakhir.

Baca juga: Update Terusan Suez, Lebih dari 360 Kapal Terdampar di Mediterania dan Laut Merah

Baca juga: Iran Manfaatkan Krisis Terusan Suez, Ajukan Diri Jadi Alternatif Penghubung Asia Eropa

Sebanyak dua upaya untuk mengeluarkan kapal berbobot 200.000 ton dengan panjang 400 meter dan lebar 59 meter itu sempat gagal pada Sabtu 27 Maret 2021.

Bantuan dari 14 kapal tunda tak sanggup menggesernya, tetapi ada harapan bisa dilakukan saat air pasang.

Kepala Otoritas Terusan Suez, Osama Rabie, mengatakan kepada TV lokal, ada harapan kapal Ever Given bisa bergerak lagi dan air mulai mengalir di bawah kapal.

Namun ketika ditanya kapan Terusan Suez dibuka Rabie menjawab, "Saya tidak bisa mengatakannya karena saya tidak tahu."

Smit Salvage perusahaan Belanda yang terlibat dalam evakuasi mengatakan, kapal Ever Given bisa dikeluarkan awal pekan ini dengan bantuan kapal tunda yang lebih berat dan bobot gabungannya 400 ton.

Gambar satelit selebaran ini milik Cnes 2021 yang dirilis pada 25 Maret 2021 oleh Airbus DS menunjukkan kapal kontainer MV Ever Given (Evergreen) milik Taiwan menghalangi semua lalu lintas di Terusan Suez Mesir.
Gambar satelit selebaran ini milik Cnes 2021 yang dirilis pada 25 Maret 2021 oleh Airbus DS menunjukkan kapal kontainer MV Ever Given (Evergreen) milik Taiwan menghalangi semua lalu lintas di Terusan Suez Mesir. (Cnes2021, Distribusi Airbus DS / AFP)
Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved