Breaking News:

Terusan Suez

Update Terusan Suez, Lebih dari 360 Kapal Terdampar di Mediterania dan Laut Merah

Di dalam kapal jumbo itu ada aneka barang yang diangkut, mulai dari furnitur hingga ratusan ribu ekor ternak.

Editor: DionDBPutra
Cnes2021, Distribusi Airbus DS / AFP
Gambar satelit selebaran ini milik Cnes 2021 yang dirilis pada 25 Maret 2021 oleh Airbus DS menunjukkan kapal kontainer MV Ever Given (Evergreen) milik Taiwan menghalangi semua lalu lintas di Terusan Suez Mesir. 

TRIBUN-BALI.COM, SUEZ - Tujuh hari sudah kapal kargo raksasa MV Ever Given alias Evergreen tersangkut di Terusan Suez, Mesir.

Pelayaran melalui kanal paling populer sejagat tersebut macet total. Kerugian yang diderita perusahaan kargo mencapai triliunan rupiah saban hari.

The Guardian melaporkan, sampai saat ini sudah lebih dari 360 kapal terdampar di Mediterania dan di Laut Merah sejak Ever Given kandas di Terusan Suez 23 Mare 2021.

Di dalam kapal jumbo itu ada aneka barang yang diangkut, mulai dari furnitur hingga ratusan ribu ekor ternak.

Baca juga: Iran Manfaatkan Krisis Terusan Suez, Ajukan Diri Jadi Alternatif Penghubung Asia Eropa

Baca juga: Update Terusan Suez, Ada Dugaan Penyebabnya Bukan Angin dan Badai Pasir

Kapal kargo dengan panjang 400 meter, lebar 59 meter, dan muatan 200 ribu ton ini terjepit secara diagonal di jalur vital yang memangkas jarak pelayaran dari Asia ke Eropa tersebut.

Sudah bisa diduga banyak kapal lainnya yang ikut terjebak, baik yang dari Asia menuju Eropa maupun sebaliknya.

Pakar industri memperkirakan nilai total barang yang terdampar di laut antara 3 samopai 9 miliar dolar AS.

Pada Minggu 28 Maret 2021, otoritas setempat membatalkan upaya baru untuk membebaskan kapal besar itu. Demikian menurut perusahaan layanan kanal Leth Agencies.

Pemandangan dari jendela pesawat komersial 27 Maret 2021 menunjukkan ratusan kapal yang antre di Laut Merah. Kapal-kapal itu belum bisa melewati Terusan Suez yang macet setelahb kapal kontainer MV Ever Given kandas 23 Maret 2021.
Pemandangan dari jendela pesawat komersial 27 Maret 2021 menunjukkan ratusan kapal yang antre di Laut Merah. Kapal-kapal itu belum bisa melewati Terusan Suez yang macet setelahb kapal kontainer MV Ever Given kandas 23 Maret 2021. (Mahmoud KHALED/AFP)

Tim penyelamat terus berusaha dan berharap dapat membebaskan kapal Ever Given pada Senin 29 Maret 2021 ini saat air pasang.

Menurut Paola Rodriguez Masiu dari Rystad Energy, setiap hari sekitar 1,74 juta barel minyak dikirim melalui Terusan Suez.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved