Breaking News:

Terusan Suez

Krisis Suez Berakhir, Massa Bersorak Girang Saat Kapal Ever Given Mengapung Lagi

Dalam video yang beredar di Twitter menunjukkan kapal berbobot 200.000 ton dan panjang 400 meter itu berayun ke bagian tepi kanal.

Editor: DionDBPutra
OTORITAS TERUSAN SUEZ/AFP
Sebuah gambar yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez Mesir pada 29 Maret 2021, menunjukkan kapal tunda menarik kapal kontainer MV Ever Given berbendera Panama setelah sepenuhnya terlepas dari tepi Suez. Kapal itu diapungkan kembali dan Terusan Suez sudah dibuka untuk pelayaran global. 

TRIBUN-BALI.COM, SUEZ - Keceriaan terjadi di Suez yang sempat muram sepekan terakhir. 

Massa bersorak girang setelah Ever Given, kapal yang menyumbat kanal tersebut mengapung lagi.

Dalam video yang beredar di Twitter menunjukkan kapal berbobot 200.000 ton dan panjang 400 meter itu berayun ke bagian tepi kanal.

Sontak terdengar teriakan "Terpujilah Tuhan" hingga "Tuhan Maha Besar" sebagai perayaan setelah kapal penarik berhasil memindahkannya.

Baca juga: Krisis Terusan Suez Sudah Berakhir

Baca juga: Terusan Suez: Buritan dan Kemudi Kapal Ever Given Sudah Bisa Bergerak Sedikit

Puluhan kapal penarik dikerahkan untuk mengapunhkan kapal. Pada saat yang sama pasir yang menerkam lambung kapal sedikit demi sedikit dikeruk.

Jenderal Osama Rabie, Kepala Otoritas Terusan Suez (CSA) berujar, Ever Given merespons manuver tarik-dorong yang dilakukan sehingga bisa mengapung lagi.

Pada Senin malam 29 Maret 2021 waktu setempat, kapal tersebut akhirnya benar-benas bebas.

Momen yang diabadikan pada Sabtu 27 Maret 2021  memperlihatkan kapal tunda berusaha menggerakkan kapal Ever Given  yang terjebak dan membuat Terusan Suez.
Momen yang diabadikan pada Sabtu 27 Maret 2021 memperlihatkan kapal tunda berusaha menggerakkan kapal Ever Given yang terjebak dan membuat Terusan Suez. (AFP PHOTO/AHMED HASAN)

Dilansir kantor berita Reuters, kini lalu lintas pelayaran di kanal paling sibuk di dunia tersebut bisa dibuka kembali.

Ever Given yang kandas telah menyumbat Terusan Suez selama sepekan sejak Selasa 23 Maret 2021.

Kapal Ever Given yang panjangnya 400 meter, terdampar secara diagonal dengan haluan kapal menabrak sisi timur kanal dan buritan kapal tersangkut di sisi barat kanal.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved