Breaking News:

Sutawan: JKN-KIS Sangat Membantu di Tengah Pandemi Covid-19

Sutawan mengungkapkan bahwa dirinya pernah menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) saat mengalami peradangan pada gusinya

ist
Sutawan: JKN-KIS Sangat Membantu di Tengah Pandemi Covid-19 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Hampir setahun lamanya Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) telah melanda Negara-negara di dunia dan tidak terkecuali Indonesia.

Saat ini, Indonesia sedang berusaha bangkit untuk melawan pandemi yang mengakibatkan lumpuhnya perekonomian di Indonesia dan tentu sangat berdampak terhadap seluruh masyarakat Indonesia, apalagi dalam hal kesehatan masyarakat sangat membutuhkan pelayanan kesehatan untuk melindungi diri dan keluarga.

Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hadir di Negara Indonesia untuk menjamin kesehatan masyarakat dan telah dirasakan manfaatnya oleh banyak masyarakat.  

Salah satu peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS adalah Kadek Sutawan.

Sutawan begitu sapaannya menceritakan pengalamannya menggunakan JKN-KIS saat berobat.

Petugas Keamanan ini Sebut Program JKN-KIS Sangat Bermanfaat

Beruntung Punya JKN-KIS, Wayan Wenten: JKN-KIS Penolong Nyawa Saya

Ia pun dengan lantang mengungkapkan bahwa dirinya pernah menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) saat mengalami peradangan pada gusinya, ketika itu ia benar2 takjub bahwa tidak ada biaya yang ia keluarkan untuk pengobatannya itu.

“Saat saya sudah tidak bisa menahan rasa sakit pada gusi dan gigi, saya langsung memeriksakan diri ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempat saya terdaftar. Dokter yang menangani saya sangat jelas memberikan informasi mengenai sakit apa yang saya derita dan prosedur apa yang harus saya lakukan agar bisa menggunakan JKN-KIS ini dengan benar,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan, bahwa setelah dilakukan pemeriksaan di FKTP, ia pun dirujukan ke poli gigi rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut karena saat itu gusinya mengalami peradangan dan harus ditangani di fasilitas kesehatan tingkat lanjutan.

“Prosedurnya tidak rumit dan saya terlayani dengan sangat baik serta tindakan medis yang diberikan fasilitas kesehatan juga sangat memadai, JKN-KIS sangat membantu di tengah pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Di tengah pandemi Covid-19 ini, tentu banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan mereka, sedangkan kesehatan tetap harus diutamakan, untuk itulah Negara hadir dengan Program JKN-KIS dalam menjamin seluruh masyarakat agar mendapatkan jaminan kesehatan.

Bagi masyarakat yang tidak mampu, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah akan menjamin masyarakatnya menjadi peserta JKN-KIS dengan pembiayaan dari anggaran Negara.

“Pemerintah hadir untuk masyarakat melalui Program JKN-KIS, diharapkanmasyarakat mendukung program ini dengan tetap menjaga kesehatan dan rutin membayar iuran setiap bulannya,” tutupnya. 

Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved