Breaking News:

Vaksinasi

Kemenkes Prioritaskan Vaksinasi di Bali dan 11 Provinsi Tujuan Mudik yang Banyak Lansia

Menurut Menkes, kebijakan itu diambil dengan pertimbangan lansia memiliki fatality rate yang tinggi atau berisiko meninggal dunia bila tertular.

Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin saat ditemui di Bebek Tepi Sawah, Kecamatan Ubud, Gianyar, Bali, Jumat 12 Maret 2021 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pemerintah telah melarang masyarakat Indonesia untuk mudik Lebaran 2021.

Namun, demi mengantisipasi masyarakat yang tetap nekat mudik, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengambil satu kebijakan, yaitu memprioritaskan vaksinasi Covid-19 ke provinsi tujuan mudik yang memiliki banyak penduduk lansia.

Tercatat 12 provinsi yang menjadi prioritas termasuk Bali.

"Vaksin ini kita prioritaskan ke kota-kota tujuan (mudik) yang banyak lansianya, sehingga lansia di kota-kota ini kita prioritaskan," ujar Budi Sadikin dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Kamis 8 April 2021.

Baca juga: Vaksinasi Guru Masih 70 Persen, Pembelajaran Tatap Muka di Klungkung Bali Tunggu Vaksinasi Rampung

Baca juga: Penyintas Covid-19 Non Pelayan Publik di Denpasar Bisa Vaksinasi Setelah Lansia dan Pelayan Publik

Menurut Menkes, kebijakan itu diambil dengan pertimbangan lansia memiliki fatality rate yang tinggi atau berisiko meninggal dunia bila tertular atau positif Covid-19.

Hal itu ditegaskan Budi mengacu pada data kematian akibat Covid-19. Dari angka 41 ribu yang wafat akibat Covid-19, 50 persen di antaranya adalah lansia.

"Kita lihat juga dari 1,5 juta orang yang terkena, hanya 10 persen yang lansia, tapi dari 41.000 yang wafat, 50 persen itu lansia. Jadi kelihatan sekali lansia itu fatality rate-nya tinggi, risikonya tinggi," jelas Budi Sadikin.

Selain itu, Budi menilai vaksinasi Covid-19 bagi lansia cenderung kalah cepat dibandingkan dengan vaksinasi bagi kalangan muda. Kalangan muda lebih dapat bergerak cepat untuk vaksinasi.

"Jadi kita butuh semua kepala daerah memprioritaskan penyuntikan lansia, karena kematiannya tinggi dan belum semua kabupaten kota yang memprioritaskan lansia," ujarnya.

Dalam paparan kepada Komisi IX DPR RI, Budi mengatakan, ada 12 provinsi yang menjadi tujuan mudik Lebaran 2021 dari DKI Jakarta mengacu pada data 18-24 Mei 2020.

Halaman
123
Editor: DionDBPutra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved