Breaking News:

Berita Tabanan

Resmikan Gedung Majelis Desa Adat Tabanan, Koster Minta MDA Serius Layani Urusan Adat di Bali

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Tabanan.

Penulis: I Made Prasetia Aryawan | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Gubernur Bali, I Wayan Koster didampingi Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya foto bersama saat meresmikan Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Tabanan di jalan Gatot Subroto Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Minggu 11 April 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Gubernur Bali, I Wayan Koster didampingi Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya telah meresmikan Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Tabanan di jalan Gatot Subroto Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri, Tabanan, Minggu 11 April 2021.

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti di Gedung Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Tabanan.

"Dalam rangka melakukan fungsi pembinaan kepada Desa Adat, harus punya Majelis Desa Adat yang bekerja secara optimal maka harus punya kantor.

Selama ini tidak ada kantornya dan bagaimana mengorganisir sesuatu kalau tidak ada kantornya," ucap Gubernur Koster dalam sambutannya saat itu.

Baca juga: Dialihkan Jadi Pejabat Fungsional, 532 Jabatan Struktural Eselon IV Pemkab Tabanan Terancam Dihapus

Kemudian, kata dia, bagaimana caranya melestarikan Adat dan Budaya yang merupakan warisan adiluhung yang sudah ada dari abad ke abad, apabila MDA Provinsi, Kabupaten dan seterusnya tidak mempunyai kantor.

Untuk itu, hal ini harus segera diwujudkan di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Bali secara bertahap.

"Yang Provinsi sudah pada Tahun 2019 diresmikan, kemudian 2020 mulai bangun yang Kabupaten, tahun 2021 selesai semua kantor MDA Kabupaten/Kota di Bali.

Hanya satu Kabupaten yang menggunakan APBD, yakni Gianyar, yang lain semua tidak menggunakan APBD Provinsi, tetapi mohon bantuan dari direksi BUMN untuk mengalokasikan dari CSR-nya," ucap Koster.

Dengan dibangunnya Gedung MDA Provinsi, Kabupaten/Kota se-Bali termasuk Tabanan ini, Koster berharap MDA betul-betul bekerja untuk melayani urusan Adat yang ada di Bali dan menjaga Adat di Bali dengan sebaik-baiknya, serta penuh tanggungjawab.

Agar segala perjuangan yang telah dilakukannya selaku Gubernur dalam hal ini tidak sia-sia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved