Breaking News:

CPNS 2021

PPPK Guru Prioritas Bagi yang Terdaftar di Dapodik, Bagaimana Peluang Sarjana Pendidikan Baru Lulus?

total rencana formasi pembukaan pendaftaran CPNS sebanyak 1,27 juta, posisi guru mendapat alokasi paling besar, yakni 1.002.616 kebutuhan

sscn.bkn.go.id
ILUSTRASI - Informasi penerimaan CPNS / PPPK 2021. PPPK Guru Prioritas Bagi yang Terdaftar di Dapodik, Bagaimana Peluang Sarjana Pendidikan Fresh Graduate? 

TRIBUN-BALI.COM - Kebutuhan ASN pada tahun 2021 ini ada sebanyak 1.275.384, termasuk rekrutmen untuk PPPK Guru dan non Guru.

Jumlah tersebut terbagi dari beberapa jenis, yakni intansi pemerintah pusat sebanyak 83.669 dan instansi pemerintah daerah sebanyak 1.191.718.

"Jumlah tersebut termasuk guru PPPK sebanyak 1.002.616, PPPK Non Guru 70.008 dan CPNS sebanyak 119.094," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB), Tjahjo Kumolo saat konferensi pers, Jumat 9 April 2021 pagi.

Dari total rencana formasi pembukaan pendaftaran CPNS sebanyak 1,27 juta, posisi guru mendapat alokasi paling besar, yakni 1.002.616 kebutuhan.

Baca juga: Berikut Jumlah Formasi CPNS 2021 dan PPPK untuk Penempatan di Pusat Maupun Daerah

Untuk pemerintah provinsi, jabatan guru dengan formasi terbanyak yakni guru bimbingan konseling, guru teknologi informasi dan komputer, serta guru matematika.

Sedangkan untuk untuk pemerintah kabupaten dan kota, formasi guru yang terbanyak yakni guru kelas, guru pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan, serta guru bimbingan konseling.

Namun demikian, para pelamar yang bisa mengisi lowongan tersebut antara lain tenaga-tenaga honorer yang sudah terdaftar dalam data pokok pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.

"Untuk guru, formasi guru PPPK pendaftaran diluar mereka yang tidak terdaftar di data Dapodik itu tidak diterima, artinya khusus untuk mereka yang terdaftar di data Dapodik," kata Plt. Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Teguh Widjinarko.

Lantas bagaimana dengan lulusan sarjana pendidikan yang masih fresh graduate?

Teguh menerangkan, saat ini pihaknya menggunakan Dapodik sebagai data untuk melihat kebutuhan guru.

Halaman
123
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved