Breaking News:

Kapal Selam Hilang Kontak

Duka Untuk KRI Nanggala 402, Megawati Instruksikan Kader PDIP Gelar Tabur Bunga di Sumberklampok

Megawati telah  memberikan instruksi detail kepada para kader PDIP di Bali. Termasuk Gubernur I Wayan Koster dan para bupati.

Penulis: Ragil Armando | Editor: Noviana Windri
Capture YouTube Sekretariat Presiden
Presiden kelima Republik Indonesia (RI) Megawati Soekarnoputri 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebanyak 53 awak KRI Nanggala 402 dinyatakan gugur akibat tenggalamnya kapal selam tersebut, Minggu 25 April 2021.

Tenggelamnya kapal selam KRI bersama seluruh awaknya menyisakan duka cukup mendalam. 

Salah satu yang ikut berduka adalah Ketua Umum DPP PDIP yang juga Presiden Kelima Republik Indonesia. 

Dalam keterangan pers yang diterima Tribun Bali, Senin 26 April 2021, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristyanto mengatakan bahwa pihaknya  menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya para prajurit TNI beserta seluruh anak buah kapal selam KRI Nanggala yang telah menunjukkan pengabdian paripurna sebagai Patriot Bangsa. 

Bahkan, menurut Hasto selama pencarian KRI Nanggala tersebut, Megawati selalu berdoa dan berzikir agar pencarian berjalan lancar. 

Megawati Ungkapkan Duka Cita Mendalamnya Atas Peristiwa KRI Nanggala 402, Instruksikan Ini ke Koster

Tak Muluk-muluk, Hanya ini Permintaan Keluarga Komandan KRI Nanggala 402 Letkol Heri Oktavian

Kapal Selam KRI Nanggala-402 Laik Berlayar dan Bertempur Sebelum Hilang Kontak

“Tiga hari terakhir ini, Ibu Megawati Soekarnoputri terus berzikir, mendoakan agar seluruh pencarian KRI Nanggala berjalan lancar, dan hingga akhirnya disampaikan pengumuman oleh Panglima TNI bahwa mereka telah gugur ketika menjalankan tugas," ujarnya. 

Oleh sebab itu, dengan adanya pengumuman dari Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto yang menyebutkan tenggelam dan gugurnya seluruh awak KRI tersebut, Hasto menyebut bahwa Megawati telah  memberikan instruksi detail kepada para kader PDIP di Bali.

Termasuk Gubernur I Wayan Koster dan para bupati, untuk mengadakan upacara tabur bunga

“Ibu Megawati begitu sedih dan sangat memahami apa yang dirasakan oleh keluarga, karena beliau sendiri pernah mengalami. Bahkan terkait detail dalam kapal selam Beliau juga paham, karena ketika sebagai Presiden, menerima kehormatan Brevet Hiu Kencana yang disematkan di dalam kapal selam," tegasnya. 

Karena itulah guna menghormati arwah patriot bangsa yang telah gugur di KRI Nanggala tersebut, secara khusus dilakukan penghormatan dengan menyediakan bunga merah putih yang dirangkai membentuk bulatan sebanyak 53 dengan bertuliskan nama para kusuma bangsa. 

Hal ini yang sekaligus melambangkan tekad yang selalu kokoh, bulat dan teguh di dalam menjalankan tugas negara. 

Selain itu juga dipersiapkan bunga tabur, disertai dengan iringan doa dari para para pemuka agama. 

“PDI Perjuangan juga akan mengadakan doa secara khusus bagi para arwah patriot bangsa dan sekaligus keluarga yang ditinggalkan agar diberi kekuatan dan ketabahan," papar Hasto. 

KRI Nanggala-402 Terbelah Tiga Bagian, Evakuasi Diperlukan Kerjasama Internasional

Salah Satu Awak KRI Nanggala-402 Gede Kartika Dikenal Sebagai Penyayang Keluarga

Pihaknya menjelaskan bahwa rencananya upacara tabur bunga di tengah laut akan dipimpin oleh Ketua DPD PDIP Bali, I Wayan Koster pada, Senin 26 April 2021 siang ini dan sekaligus bertepatan dengan hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional. 

"Upacara doa dan tabur bunga dilaksanakan pada hari hari ini pukul 13.30, di Labuhan Lalang, Desa Sumberklampok, Kec Gerokgak, Buleleng, dekat dengan lokasi tenggelamnya KRI Nanggala 402. Acara dihadiri oleh perwakilan semua umat beragama," tukas Hasto. 

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved