Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Terminal Mengwi Tipe A Dipastikan Tetap Beroperasi Meski Adanya Larangan Mudik Lebaran 2021

Meski terminal tetap beroperasi, namun tetap dilakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi adanya penyebaran covid-19.

Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Situasi di Terminal Mengwi Kabupaten Badung tampak sepi pada Selasa 20 April 2021 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Pihak Terminal Tipe A Mengwi Kabupaten Badung kembali memastikan jika tidak memberhentikan oprasional meski adanya larangan mudik lebaran.

Hal itu mengacu pada surat Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat nomor AJ.20/I/10/DRJD/2021 tentang Dukungan Antisipasi selama pelarangan/ Peniadaan Mudik Idul Fitri Tahun 2021/1442 H.

"Jadi kembali saya tegaskan jika Terminal Mengwi tetap buka, meski adanya larangan mudik," ujar Kordinator Satuan Pelayanan (Satpel) Terminal Tipe A Mengwi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali, Achmad Erwin Rahadi SH Selasa 27 April 2021.

Meski terminal tetap beroperasi, namun pihaknya mengaku tetap melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi adanya penyebaran covid-19.

Langkah-langkah yang akan diambil itu pun, juga disarankan oleh pihak kementrian seperti mensinergikan antara pusat dan daerah dalam rangka antisipasi kebijakan larangan mudik.

Pengetatan Larangan Mudik Lebaran 2021, Penumpang di Pelabuhan Padang Bai Karangasem Landai

Gelar Apel, Polres Jembrana Siaga Larangan Mudik Lebaran 2021

Terkait Larangan Mudik, Terminal Mengwi Badung Kemungkinan Akan Hentikan Operasional Sementara

Selain itu pula, melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam melakukan pengawasan pada pos koordinasi sebagai titik pengecekan (Check Point) pada lokasi yang telah ditetapkan, termasuk menetapkan personil pada pos pengamanan, pos pelayanan dan posko terpadu.

"Jadi kami nanti juga akan membuat posko monitoring dari 6 mei 2021 sampai 17 mei 2021 mendatang. Sehingga tetap bisa melaksanakan dengan tetap melaksanakan prokes," bebernya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan dengan tetapnya dibuka Terminal Mengwi, maka dirinya akan menunggu informasi lebih lanjut dari pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) terkait apa yang harus dilakukan, termasuk jumlah penumpang yang boleh menggunakan fasilitas terminal.

"Apakah, setiap bus diwajibkan penumpangnya 50 persen dari jumlah tempat duduk atau bagaimana, kita masih tunggi arahan. Hanya saja menjelang jadwal mudik itu kita tetap melakukan pemeriksaan, dari sopir penumpang dan yang lainnya," ucapnya.

Kendati demikian, pihaknya akan kembali berkordinasi dengan pihak terkait, terutama aparat kepolisian dan dinas perhubungan Badung.

Sehingga pelaksanaan di terminal Mengwi bisa berjalan sesuai harapan.

"Jadi nanti pasti kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait. Apalagi tidak ada pemberhentian oprasional pada Terminal meski ada larangan," tungkasnya. (*)

Update berita Mudik Lebaran 2021 di sini

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved