Breaking News:

Berita Badung

Ombudsman Perwakilan Bali Turun ke Lokasi Gali Persoalan Kekeringan di Subak Balangan Mengwi Badung

Ombudsman RI perwakilan Bali setelah menggali informasi ke Badung, kini langsung turun ke lokasi untuk menemukan permasalahan yang dihadapi

Penulis: I Komang Agus Aryanta | Editor: Wema Satya Dinata
Istimewa
Ketua Ombudsman RI Bali, Umar Ibnu Alkhatab saat turun langsung melakukan peninjauan di subak Balangan, Mengwi pada Selasa 27 April 2021 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Masalah kekeringan di Subak Balangan, Kuwum, Mengwi, Badung sampai saat ini belum ada titik terang.

Bahkan Ombudsman RI perwakilan Bali setelah menggali informasi ke Badung, kini langsung turun ke lokasi untuk menemukan permasalahan yang dihadapi.

Pasalnya subak yang berbatasan dengan Kabupaten Tabanan mengalami kekeringan selama 21 tahun.

Ombudsman RI Bali pun  meminta Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali- Penida untuk mengambil tindakan tegas untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Baca juga: Penyekatan Hari Pertama, Personel Polres Badung Periksa Kendaraan yang Dicurigai Angkut Pemudik

“Sebenarnya semua ini BWS yang mempunyai wewenang. Jadi harus langsung mengambil tindakan untuk menyelesaikan masalah ini,” ujar Ketua Ombudsman RI Bali, Umar  Ibnu Alkhatab  Kamis 29 April 2021.

Menyikapi masalah tersebut, dirinya mengakui sudah langsung turun ke lokasi atau melakukan peninjauan langsung ke Subak Balangan, dan  bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat setempat seperti Pekaseh dan lainnya.

Pihaknya juga mendengarkan keluh kesah masyarakat terkait persoalan 21 tahun Subak Balangan mengalami kekeringan.

“Setelah itu kami turun ke lokasi lahan pertanian yang dimiliki oleh warga, memang dari ketersediaan air kita lihat belum memadai.

Tapi ada aliran air dari kelompok masyarakat lainnya bukan dari aliran sungai, ” terang Umar sembari mengatakan peninjauannya saya lakukan Selasa lalu.

Dijelaskan,  lahan pertanian yang ada di wilayah tersebut cukup subur namun kendalanya hanya adanya hambatan ketersediaan air.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved