Breaking News:

Corona di Bali

Sulit Penuhi Syarat Donor Plasma, Puluhan Personel Kodim 1619/Tabanan Belum Lulus Syarat

Donor plasma konvalesen saat ini sangat dibutuhkan karena dianggap efektif untuk menangani atau pemulihan bagi penyintas Covid-19.

Istimewa
Anggota Kodim 1619/Tabanan saat menggelar kegiatan sosial donor darah di Makodim Tabanan, Kamis 11 Februari 2021 - Kodim Tabanan Bentuk Grup Khusus Pendonor Plasma, Gelar Donor Darah dan Donor Plasma Konvalesen 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN – Donor plasma konvalesen saat ini sangat dibutuhkan karena dianggap efektif untuk menangani atau pemulihan bagi penyintas Covid-19.

Namun, persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi pendonor relatif tidak mudah.

Salah satunya adalah donor plasma konvalesen hanya bisa dilakukan mantan penyintas. 

Salah satunya yang getol melakukan donor konvalesen tersebut adalah jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1619/Tabanan sejak 2020 lalu. Ada beberapa anggota yang sempat sebagai penyintas. 

Baca juga: Dorong Ikut Donor Plasma Konvalesen, Dandim Klungkung Minta Babinsa Monitoring Penyitas Covid-19

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1619/Tabanan, Letkol Inf Toni Srihartanto menyebutkan, hingga sejauh ini belum ada satupun anggotanya yang lolos memenuhi syarat sebagai pendonor konvalesen tersebut.

"Kami sudah mendorong dan mengikuti program tersebut."

"Hanya saja tidak memenuhi syarat. Karena, kalau dari anggota kami yang kemarin mencalonkan diri sebagai pendonor untuk sementara kosong," sebutnya saat dikonfirmasi, Jumat 30 April 2021. 

Dia mengungkapkan, untuk menjadi pendonor plasma konvalesen harus melalui serangkaian persyaratan yang telah di-screening minimal sehari sebelum proses donor dilakukan.

Baca juga: 464 Prajurit Kodam IX/Udayana yang Jadi Penyintas Covid-19 Telah Donor Plasma Konvalesen

Beberapa persyaratan di antarannya, status calon pendonor merupakan penyintas yang sudah dinyatakan negatif Covid-19 melalui dua kali uji swab PCR.

Berat badan minimal 55 kilogram.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved