Breaking News:

Corona di Bali

Gubenur Koster Umumkan Dua Kasus Varian Baru Covid-19 di Bali, Pasien dari Badung Dan Denpasar

Hal ini disampaikannya langsung dalam konferensi pers yang digelar di Kediaman Resmi Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar.

Shutterstock/Kobkit Chamchod
Ilustrasi pasien corona, virus corona, Covid-19 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Gubernur Bali, Wayan Koster telah mengonfirmasi masuknya dua varian baru virus corona dari luar negeri yang masuk di Provinsi Bali, Selasa 4 Mei 2021.

Hal ini disampaikannya langsung dalam konferensi pers yang digelar di Kediaman Resmi Gubernur Bali, Jayasabha, Denpasar.

"Bersama ini, saya perlu menyampaikan informasi yang sangat penting untuk diketahui oleh Masyarakat Bali berkenaan dengan perkembangan Covid-19 di Bali," kata dia.

Koster yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Ketut Suarjaya ini mengungkapkan bahwa pihaknya mendapat konfirmasi langsung dari Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin.

Ia menyebut bahwa dari dua orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu terinfeksi varian positif akibat penularan varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351.

Sedangkan satu orang positif akibat penularan varian baru dari Inggris dengan kode B.1.1.7.

“Saya telah mendapat informasi langsung dari Bapak Menteri Kesehatan Republik Indonesia, pada tanggal 3 Mei 2021, bahwa telah ditemukan 2 orang positif Covid-19 yang terinfeksi varian baru mutasi virus Covid-19. Satu orang mengalami positif akibat penularan varian baru dari Afrika Selatan dengan kode B.1.351; sedangkan satu orang positif akibat penularan varian baru dari Inggris dengan kode B.1.1.7,” jelasnya.

Politikus yang juga Ketua DPD PDIP Bali ini mengaku bahwa kedua varian itu ditemukan usai dilakukan uji sampel dari beberapa pasien positif Covid-19 di RSUP Sanglah yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pihaknya juga menyebut bahwa untuk pasien yang terinfeksi varian baru Afrika Selatan tersebut berasal dari Kabupaten Badung dan telah dinyatakan meninggal.

Korban sendiri lanjut Koster belum melakukan program vaksinasi sama sekali.

“Satu orang yang positif Covid-19 dengan varian baru dari Afrika Selatan, telah dinyatakan meninggal di RS Sanglah, berasal dari Kabupaten Badung. Korban memang belum mengikuti program vaksinasi,” paparnya.

Sementara, untuk pasien yang mengidap varian baru dari Inggris berasal dari Kota Denpasar dan telah dinyatakan sembuh serta dipulangkan.

Bahkan, yang bersangkutan menurut Koster sudah mengikuti program vaksinasi sebanyak dua kali.

“Sedangkan yang satu orang lagi yang dinyatakan positif Covid-19 dengan varian baru dari Inggris dinyatakan sembuh, dalam kondisi sehat dan sudah dipulangkan, berasal dari Kota Denpasar. Yang bersangkutan, kebetulan telah mengikuti program vaksinasi sebanyak 2 kali,” paparnya. (*)

Penulis: Ragil Armando
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved