Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Antisipasi Arus Mudik Menjadi Cluster Baru Covid-19, Polres Badung Lakukan Kegiatan KRYD

puluhan penumpang di Terminal Tipe A Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, kembali dilakukan rapid test Covid-19

Penulis: I Komang Agus Aryanta | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Istimewa
Personil Polres Badung saat melakukan kegiatan Yustisi di Terminal Mengwi pada Rabu 5 Mei 2021 - Antisipasi Arus Mudik Menjadi Cluster Baru Covid-19, Polres Badung Lakukan Kegiatan KRYD 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Mengantisipasi mudik Lebaran menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, puluhan penumpang di Terminal Tipe A Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, kembali dilakukan rapid test Covid-19 pada Rabu 5 Mei 2021.

Namun terkait hal tersebut jajaran Polres Badung tetap melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD).

KRYD itu pun dipimpin Kabag Ops Kompol I Putu Ngurah Riasa, SIP, beserta puluhan personilnya termasuk jajaran lantas dari Polres Badung.

Pada kesempatan itu warga yang ingin pulang diperiksa satu-satu, termasuk juga diimbau agar tidak berkerumun.

Baca juga: Pesawat Tetap Terbang Selama Larangan Mudik? Begini Penjelasan Garuda Indonesia dan Lion Air

KRYD itu dilakukan sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam tatanan kehidupan era baru.

Selain itu juga terkait Surat Edaran Bupati Badung Nomor : 944/ 783/ Setda tanggal 9 Maret 2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis Desa/Kelurahan dan Desa Adat dalam tatanan kehidupan era baru di Kabupaten Badung, Bali.

"Cek surat keterangan rapid test, namun tetap humanis, agar tidak menimbulkan masalah baru saat pemeriksaan pada Bus AKAP dan AKAD," kata Kabag Ops kepada personil.

Adapun hasil pelaksanaan yustisi yakni 15 orang tidak menggunakan masker dengan benar dan diberikan tindakan berupa teguran dan pembinaan.

Namun tetap pada penumpang yang tidak membawa surat test Covid-19 disarankan untuk rapid test.

"Kita akan terus tingkatkan pelaksanaan yustisi prokes secara masif, meskipun secara umum masyarakat sudah patuh terhadap prokes," katanya.

Dalam pelaksanaan yustisi itu terlihat masih ada beberapa penumpang di terminal Mengwi.

Namun pihaknya mengaku menugaskan personil pada posko penyekatan di areal terminal, termasuk petugas rapid dari Puskesmas Mengwi.

"Jadi kita tetap pastikan hari ini aman, karena hari ini masih saja ada bus yang berangkat dengan tujuan luar Bali," tungkasnya. (*).

Baca juga: Hari Ini Terakhir Warga Curi Start Mudik, Kawasan Terminal Mengwi Terlihat Sudah Sepi

Kumpulan Artikel Badung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved