Breaking News:

Ramadhan 2021

LIVE TVRI: Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1442 H Digelar Selasa 11 Mei 2021, Lokasi Rukyatul Hilal

undangan sidang juga dibatasi dan hanya dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi

Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi - Tim Rukyatul Hilal kanwil kementrian agama provinsi Bali melakukan pemantauan rukyatul hilal di pantai Patra Jasa, Kuta, Minggu (5/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan 1 Syawal 1442 Hijriah pada Selasa, 11 Mei 2021 secara daring dan luring.

Hal iti diungkapkan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kamaruddin Amin dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 5 Mei 2021.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 Hijriah secara daring dan luring," kata Kamaruddin.

Menurut Kamaruddin, pihaknya juga akan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan sidang mengingat kondisi Indonesia masih mengalami pandemi Covid-19.

Baca juga: Hasil Sidang Isbat Menetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa, 13 April 2021

Oleh karena itu, undangan sidang juga dibatasi dan hanya dihadiri Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

Kemudian Majelis Ulama Indonesia, pihak Komisi VIII DPR, serta sejumlah duta besar negara sahabat dan perwakilan organisasi masyarakat (ormas).

Kamaruddin melanjutkan, panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan daring untuk peserta sidang maupun media.

Kemenag, tambah dia, juga memanfaatkan media sosial untuk menyiarkan hasil sidang isbat.

Baca juga: Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 1442 H Live TVRI: Jadwal, Agenda, dan Lokasi Rukyatul Hilal

Sementara itu, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Agus Salim mengatakan, tahapan sidang isbat hampir sama seperti sidang penetapan 1 Ramadhan lalu.

Adapun pada sesi pertama dimulai pukul 16.45 WIB, berupa pemaparan posisi hilal atau rukyatul hilal Awal Syawal 1442 Hijriah oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya.

Halaman
1234
Editor: Kambali
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved