Breaking News:

Berita Karangasem

Pelabuhan Padang Bai Mulai Menggunakan Tes GeNose Sejak 6 Mei 2021

Koordinator Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Padang Bai, I Putu Suardiana mengatakan, penumpang yang menggunakan GeNose sebanyak 17 orang.

Penulis: Saiful Rohim | Editor: DionDBPutra
ugm.ac.id
Ilustrasi GeNose.Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Bali mulai menggunakan tes GeNose bagi para penumpang kapal. 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem mulai menerapkan alat tes GeNose bagi para penumpang kapal.

Peralatan tersebut disediakan di loket pembelian tiket. Alat yang mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas diberlakukan bagi penumpang sejak Kamis malam 6 Mei 2021.

Koordinator Wilayah Kerja Kantor Kesehatan Pelabuhan Padang Bai, I Putu Suardiana mengatakan, penumpang yang menggunakan GeNose sebanyak 17 orang.

Alat tersebut digunakan pekerja migran Indonesia yang menyeberang menuju Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga: 42.123 Calon Penumpang Manfaatkan Layanan GeNose C-19 di 15 Bandara Kelolaan Angkasa Pura Airports

Baca juga: Terminal Tipe A Mengwi Kini Buka Layanan GeNose Pendeteksi Covid-19, Gratis Untuk Para Penumpang

"Test GeNose sudah diberlakukan mulai 6 Mei 2021. Sudah dicoba oleh belasan penumpang yang akan menyeberang. Penumpang yang memakai GeNose dikenakan tarif Rp 40 ribu," ungkap Putu Suardiana, Jumat 7 Mei 2021.

Dalam tes GeNose ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Satu di antaranya puasa sekitar 2 jam sebelum tes untuk hasil yang lebih valid.

Tidak boleh merokok sebelum melakukan tes karena alatnya sangat sensitif. "Ini alatnya agak sensitif sehingga berpengaruh ke hasil," imbuhnya.

Suardiana menjelaskan, saat melaksanakan tes GeNose, petugas tetap meemperhatikan gejala penumpang seperti batuk, flu, dan demam.

Sebelum menyeberang, penumpang juga diperiksa kesehatannya oleh petugas.

"Selain test GeNose, petugas di Pelabuhan Padang Bai juga menyediakn rapid test antigen. Penumpang yang mengunakn GeNose dan rapid test antigen tetap diperbolehkan menyeberang dengan memenuhi syarat yang ditentukan. Seperti surat perjalanan dari desa atau kelurahan bersangkutan," kata Suardiana.

Baca juga: Alat Tiup GeNose C-19 & Rapid Antigen di Bandara Ngurah Rai Bali Dipastikan Masih Baru dan Tersegel

Penyeberangan penumpang dari Peelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis ke Pelabuhan Lembar, Lombak Barat, NTB sepi sejak 6 Mei 2021.

Sesuai aturan larangan mudik per tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 yang boleh menyeberang hanya kendaraan besar seperti truk, bus, dan kendaraan pribadi.

Berita terkait lainnya dari Karangasem

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved