Breaking News:

KKB Papua

Satgas Nemangkawi Tembak Mati Dua Anggota KKB Minggu Dini Hari di Distrik Ilaga Utara

Aparat keamanan menewaskan dua anggota KKB yang telah dicap teroris oleh pemerintah Indonesia.

satgas humas ops nemangkawi
Personel TNI-Polri saat mengevakuasi jenazah Wendis Enimbo (29) ajudan pribadi Lesmin Waker, Jumat 14 Mei 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, JAYAPURA - Pasukan keamanan yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi terlibat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Mayuberi, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu dini hari 16 Mei 2021.

Aparat keamanan menembak mati  dua anggota KKB yang telah dicap teroris oleh pemerintah Indonesia tersebut.

Baca juga: Warga Berseragam Militer Papua Nugini Klaim Dukung KKB, KBRI Port Moresby Imbau WNI Tak Terprovokasi

Baca juga: Satu Anggota KKB Papua Penembak Bharada I Komang Wiranata Tertembak Aparat 

"Tiga orang KKB melakukan kontak tembak dengan Satgas Ops Nemangkawi TNI-Polri pada pukul 04.12. TNI-Polri berhasil menembak tiga teroris anggota kelompok teroris Lekagak Talenggeng, dengan dua teroris meninggal dunia, satu orang melarikan diri dengan kondisi tertembak," ujar Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Iqbal melalui keterangan tertulis, Minggu 16 Mei 2021.

Setelah kontak senjata, personel Satgas Nemangkawi langsung menyisir lokasi kejadian dan berhasil mengamankan beberapa barang bukti.

"Barang bukti yang diamankan oleh petugas, dua mayat teroris, satu pucuk senjata organik jenis Moser 7,62, satu buah HT, amunisi 17 butir, dan empat selongsong peluru," jelas Iqbal.

Seorang anggota KKB yang melarikan diri, sambung Iqbal, dipastikan dalam keadaan terluka dan membawa sebuah senjata AK-47 yang sebelumnya dipegang rekannya yang sudah tewas.

Personel Satgas Nemangkawi kini terus melakukan pengejaran di sekitar lokasi kejadian.

"Camp Mayumberi dikuasai TNI-Polri. Kami akan terus mengejar dan melakukan penegakan hukum kelompok teroris yang saat ini berada pada zona Mini ( Mimika, Intanjaya, Nduga, dan Ilaga/puncak)," kata Iqbal.

Kontak senjata sebelumnya terjadi antara pasukan TNI dan KKB di Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Kamis 13 Mei 2021.

Kontak senjata mengakibatkan dua anggota KKB tewas. Salah satunya merupakan Wendis Enimbo (29), ajudan pribadi dari Lesmin Waker, komandan KKB wilayah pintu angin pimpinan Lekagak Talenggeng.

Berita lainnya terkait KKB Papua

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 2 Anggota KKB Tewas Saat Kontak Senjata dengan TNI-Polri Minggu Dini Hari

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved