Breaking News:

Vaksinasi

Vaksin Novavax Tiba di Indonesia Secara Bertahap Mulai Juli Mendatang

Total ada 50 juta dosis vaksin corona produksi Amerika Serikat itu yang ditargetkan diterima Indonesia tahun ini.

Editor: DionDBPutra
Tribun Bali/Rizal Fanany
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Vaksin Novavax akan tiba di Indonesia secara bertahap mulai bulan Juli 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadwalkan kedatangan vaksin virus corona (Covid-19) Novavax mulai Juli 2021.

Kedatangan vaksin buatan AmerikA Serikat itu diharapkan bisa membantu upaya akselerasi program vaksinasi nasional di semester dua atau Juni-Desember 2021.

Sekretaris Perusahaan Bio Farma sekaligus Juru Bicara Vaksin Covid-19, Bambang Heriyanto mengatakan, vaksin corona Novavax diperkirakan tiba di Indonesia mulai Juli 2021.

Total, ada 50 juta dosis vaksin corona produksi Amerika Serikat itu yang ditargetkan diterima Indonesia tahun ini.

Baca juga: Denpasar Terima 147 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca, Diklaim Aman & Vaksinasi Tetap Berlanjut

Baca juga: Ini Link dan Cara Daftar Vaksinasi Gotong Royong, Mulai Dibuka hingga 21 Mei 2021

”Novavax diperkirakan baru masuk Juli 2021. Total 50 juta, bertahap mulai Juli sampai Desember,” kata Bambang, Rabu 19 Mei 2021.

Apabila merujuk pada pernyataan Kemenkes, Novavax akan digunakan dalam program vaksinasi pemerintah tahap 3 yang menyasar orang di daerah rentan, orang dengan gangguan jiwa, hingga disabilitas.

Selain Novavax, pemerintah juga akan menggunakan vaksin Pfizer pada program vaksinasi tahap 3 ini. Sama seperti Novavax, Pfizer juga merupakan vaksin buatan Amerika Serikat.

Namun demikian, Bambang memastikan baru vaksin Novavax yang diperkirakan tiba di Indonesia pada Juli, meski jumlah kedatangan batch pertama vaksin ini masih dinegosiasikan.

Adapun untuk vaksin Pfizer, ia menegaskan belum ada komitmen suplai antara PT Bio Farma dengan BioNTech yang merupakan produsen vaksin tersebut. ”Untuk Pfizer belum ada komitmen supply. Masih dalam pembahasan," jelas Bambang.

Soal keamanan vaksin, termasuk apakah aman bagi komorbid, Bambang menerangkan PT Bio Farma akan merujuk pada Izin Edar Darurat (EUA) yang dikeluarkan BPOM. Saat ini vaksin Novavax sedang dalam tahap penyampaian data untuk EUA di BPOM.
"[Soal keamanan] nanti merujuk hasil evaluasi BPOM saat mengeluarkan EUA-nya. EUA Novavax masih rolling submission, untuk Pfizer belum proses," ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved