Breaking News:

Mengenal Hipertensi Si Pembunuh dalam Senyap, Lakukan 5 Pola Hidup Sehat Ini

Mengenal Hipertensi Si Pembunuh dalam Senyap, Lakukan 5 Pola Hidup Sehat Ini

Thinkstockphotos
Ilustrasi - Mengenal Hipertensi Si Pembunuh dalam Senyap, Lakukan 5 Pola Hidup Sehat Ini 

Penulis: dr. I Gede Mahatma Pratama, S.Ked

Dokter umum RSUD Kabupaten Buleleng

dr. I Gede Mahatma Pratama, S.Ked
dr. I Gede Mahatma Pratama, S.Ked (dok.)

TRIBUN-BALI.COM - Hipertensi atau lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan penyebab kematian terbanyak di dunia akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan peningkatan jumlah penderita hipertesi dari 27,8% tahun 2013 menjadi 34,1% tahun 2018.

Sebagian besar hipertensi penyebabnya tidak diketahui tetapi ada beberapa faktor yang berhungan dengan hipertensi seperti genetik, ras, umur, konsumsi alhokol, kafein, obat-obat dan merokok.

Hipertensi disebut “the silent killer” atau “pembunuh dalam senyap” karena penderita tidak memiliki gejala yang spesifik sehingga sering tidak menyadari apabila dirinya menderita hipertensi.

Sebagian besar penderita hipertensi melakukan pengobatan ke fasilitas layanan kesehatan ketika sudah terjadi kerusakan organ target baik itu otak, jantung, ginjal, retina, pembuluh darah besar dan pembuluh darah perifer. 

Pengobatan hipertensi memakan biaya lebih mahal dan lebih sulit ketika telah terjadi kerusakan organ seperti otak, jantung dan ginjal.

Maka dari itu sebaiknya kita rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah baik dirumah maupun difasilitas kesehatan agar hipertensi dapat dideteksi secara dini.

Secara definisi hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah sistolik ≥140 mmHg dan/atau tekanan darah diastolik ≥ 90 mmHg pada pengukuran darah di klinik atau fasilitas layanan Kesehatan.

Halaman
123
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved