Breaking News:

Berita Denpasar

Soal Gaji Ke-13 PNS, Gea dan Novi: Sudah Dapat Saja Syukur

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memastikan bahwa pencairan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara termasuk juga untuk PNS.

Ilustrasi gaji 

Laporan Wartawan, Ni Luh Putu Wahyuni Sri Utami

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Sebelumnya, telah diberitakan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah memastikan bahwa pencairan gaji ke-13 untuk aparatur sipil negara termasuk juga untuk PNS, TNI, Polri, hingga pensiunan ASN akan disalurkan pada, 3 Juni 2021 lalu.

Selain itu sebelumnya di Sosial Media, juga sempat terdapat pro dan kontra terkait gaji ke-13 yang tidak disertakan dengan tunjangan kinerja.

Dan hingga saat ini PNS khususnya di Kota Denpasar baik yang bekerja pada Instansi Pemkot dan Pusat belum menerima gaji ke-13 tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Surya Hanggea yakni seorang PNS yang bertugas di salah satu Instansi yang berada di Kota Denpasar, memberikan pendapatnya. Menurutnya, Pemberian gaji ke-13 ini belum pada fase yang terlambat. 

Gaji Ke-13 PNS Kota Denpasar Akan Cair 7 Juni Mendatang

Soal Pembayaran Gaji ke-13 PNS, Kemenkeu Sampaikan Ini

"Udah mau cair kok. Kalau keterlambatan, belum terlambat rasanya. Karena awalnya kan dibilang minggu pertama sampai kedua," ungkapnya pada, Jumat 4 Juni 2021. 

Sementara untuk, pro dan kontra terkait gaji ke-13 yang tidak disertakan dengan tunjangan kinerja dan tidak sesuai dengan janji Pemerintah pada tahun lalu, menurut Gea permasalahan tersebut sudah mereda setelah mendapatkan jawaban, bahwa prioritas pengelolaan anggaran masih berfokus pada penanganan Covid-19. 

"Masalah pro kontra itu sudah sempat dibahas Bu Sri Mulyani, yang awalnya dijanjikan tahun ini dibayarkan berikut tunjangan kinerja. Kan sempat ribut tuh di Medsos, karena tidak sesuai dengan janji tahun lalu. Tapi setelah mendapatkan penjelasan bahwa prioritas pengelolaan anggaran masih untuk penanganan Covid-19, sudah mereda pro kontra nya," lanjutnya. 

Ia juga mengatakan, bahwa dengan akan mendapatkan gaji ke-13 ini saja sudah sangat bersyukur walapun tidak dengan tunjangan kinerja.

Ia juga berharap dengan adanya gaji ke-13 ini, dapat dimanfaatkan untuk menggerak roda perekonomian.

Seperti berbelanja di UMKM, usaha-usaha kecil, dengan tujuan agar imbasnya juga terasa sampai kebawah. 

Setali tiga uang dengan pendapatan Gea, salah satu PNS lainnya yakni Novita Sari juga mengatakan bersyukur dengan adanya pemberian gaji ke-13 ini terlebih saat ini masih berada ditengah pandemi Covid-19.

Ia juga berharap agar pandemi Covid-19 segera berlalu dan gaji ke-13 ini bisa segera terbayarkan. 

"Masih ada udah syukur sih, karena tunjangan kinerja 13 kan kami sudah tidak terima lagi dari tahun lalu. Harapnnya ini semoga pandemi Covid-19 segera berlalu, ekonomi pulih sehingga gaji ke-13 bisa segera dibayarkan," ucap, Novi. 

Cair 1 Juni 2021 Mendatang, Segini Rincian Besaran Gaji ke-13 yang Diterima PNS

Novi juga mengatakan, bahwa gaji ke-13 ini pada dasarnya untuk kebutuhan PNS yang anak-anaknya akan mendaftarkan sekolah.

Maka dari itu banyak juga rekan-rekan seprofesinya yang menunggu gaji ke-13 tersebut.

Dan menurut informasi yang beredar, perkiraannya mendapatkan gaji ke-13 kurang lebih pada pertengahan Bulan Juni. 

"Gaji 13 kan pada dasarnya untuk anak sekolah, anak sekolahnya baru dimulai Bulan Juli nanti. Jadi tidak terlalu masalah kalau telat dikit. Kalau anak saya masih SD sih jadi agak santai, mungkin teman-teman yang anaknya mencari Sekolah ke SMP atau SMA yang memerlukan lebih cepat," papar, Novi. (*) 

Penulis: Ni Luh Putu Wahyuni Sari
Editor: Noviana Windri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved