Breaking News:

Berita Gianyar

Dampak Pandemi, Restoran Khusus Turis China di Gianyar Kini Jadi Tempat Upacara Keagamaan

supaya bangunan restoran tidak terbengkalai, kini tempat tersebut beralih fungsi sebagai tempat upacara keagamaan dengan sebutan baru, Griya Taksu.

Penulis: I Wayan Eri Gunarta | Editor: Noviana Windri
Tribun Bali/Wayan Eri Gunarta
Pengelola restoran yang merupakan kakak beradik, yakni Ida Bagus Putu Sumaba dan Ida Bagus Putu Sumantri, Minggu 6 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sebelum pandemi covid-19 terjadi, China menjadi salah satu negara yang warganya banyak berlibur di Bali.

Tak hayal, banyak investor yang membuat menyajikan akomodasi khusus untuk turis China, seperti Restoran Gaharu di Banjar Medahan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.

Dalam masa jayanya, restoran ini menyajikan menu utama bebek goreng, yang menjadi makanan favorit wanita China.

Namun sejak pandemi covid-19 melanda, turis China tidak berkunjung lagi ke Bali.

Akibatnya, supaya bangunan restoran tidak terbengkalai, kini tempat tersebut beralih fungsi sebagai tempat upacara keagamaan dengan sebutan baru, Griya Taksu.

Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Central Udayana Lakukan Pembinaan ke Restoran

Tak Tipis Seperti Telur Dadar, Tips Bikin Fuyunghai Tebal dan Gurih ala Restoran Chinese

Hal tersebut dibenarkan oleh pengelola restoran yang merupakan kakak beradik, yakni Ida Bagus Putu Sumaba dan Ida Bagus Putu Sumantri, Minggu 6 Juni 2021.

IB Sumaba mengatakan, awalnya tempat itu adalah restoran dengan pangsa pasar turis China.

Namun pandemi, restoran tidak bisa jalan, sehingga pihaknya pun terpaksa merombak usaha dengan tujuan bangunan yang ada tidak terbengkalai.

"Dulu kami sajikan banyak menu makanan disini. Yang andalan bebek goreng. Dulu restoran lama gak dibersihkan, takut rusak dimakan rayap. Jadi pemikiran keluarga, coba membangun tempat upacara Panca Yadya," ujarnya.

Setelah beralih fungsi, tempat ini pun berubah nama menjadi Griya Taksu, dan sejumlah bangunan pun dirubah sesuai fungsi upacara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved