Breaking News:

Berita Bali

Menteri Koperasi dan UKM Meminta Agar Produk UKM Bali Dapat Mendunia Melalui Aplikasi Digital

Teten Masduki, menyampaikan agar di masa pandemi seperti sekarang ini para UKM merubah mindsetnya

Tribun Bali/Rizal Fanany
Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki meninjau pameran mini starup dan UMKM di STMIK Primakara, Denpasar, Selasa 8 Juni 2021 - Menteri Koperasi dan UKM Meminta Agar Produk UKM Bali Dapat Mendunia Melalui Aplikasi Digital 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Karsiani Putri

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam kunjungannya ke STMIK Primakara pada Selasa 8 Juni 2021, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, menyampaikan agar di masa pandemi seperti sekarang ini para UKM merubah mindsetnya mengingat di masa pandemi ini tidak mungkin lagi menjual produknya dengan hanya menunggu datangnya wisatawan ke Indonesia khususnya Bali.

Menurutnya, kini produk UKM Bali haruslah mampu 'mengunjungi' dunia melalui aplikasi digital.

Dalam kesempatan tersebut, Ia menuturkan, bahwa perilaku masyarakat dalam berbelanja telah berubah di situasi pandemi ini, yang dimana masyarakat lebih banyak melakukan pembelian produk secara online.

Dan inilah yang harus diperhatikan oleh para UKM.

Baca juga: OJK Gelar Webinar Security Crowdfunding, UMKM Diharapkan Mendapatkan Wawasan

Dirinya menuturkan, bahwa terjadi peningkatan penjualan sektor makanan dan minuman sejak adanya pandemi, yang di mana meningkat hingga 26 persen.

Hal ini juga terjadi dalam penjualan masker serta handsanitizer.

"Jika kita tidak siap go digital, ini akan diambil alih produk luar," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga mengapresiasi STIMIK PRIMAKARA yang telah mampu menciptakan banyak lulusan yang hebat dan juga berhasil menciptakan berbagai aplikasi digital yang menarik dan berguna dalam membantu kehidupan masyarakat.

"Ini bisa menjadi semacam plug and play yang memberikan peluang anak-anak muda untuk mengembangkan idenya," sebutnya.

Sementara itu, Ketua STMIK Primakara, I Made Artana menyampaikan, bahwa pernyataan dari Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki, terkait produk UKM Bali haruslah mampu 'mengunjungi' dunia melalui aplikasi digital, sangatlah tepat.

"Kita dari Bali harus mampu mengunjungi dunia dengan produk-produk kita. Tentu ini bisa dibantu dengan fasilitas berbasis teknologi," kata I Made Artana.

Dalam kesempatan tersebut, Ia memaparkan bahwa STMIK Primakara telah banyak memberikan dukungan penuh dalam hal penguatan ekonomi kreatif seperti pertumbuhan wirausaha, startup, dan UMKM hingga penguatan pendampingan digitalisasi UMKM.

Pihaknya pun telah beberapa kali diikutsertakan dalam program pemerintah, seperti salah satunya, yakni Pandemic Incubation Program (PIP) yang digelar oleh pihak Pemerintah Kota Denpasar.(*).

Baca juga: Ingin Memajukan IKM di Denpasar, Alfamart Adakan Pelatihan Bagi Pelaku UMKM

Kumpulan Artikel Bali

Penulis: Karsiani Putri
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved