Breaking News:

Berita Bali

PMI Asal Bali Kadek Agus Sagita Tak Sabar Nikmati Gaji Lagi, Namun Keluhkan Biaya Swab Test Mandiri

Sebagian PMI asal Bali sudah mulai berangkat ke kapal pesiar sejak bulan lalu. Lainnya masih menunggu jadwal keberangkatan

Istimewa
Sejumlah PMI sudah selesai menjalani masa karantina dan sudah dijemput keluarga masing-masing di Hotel Tabanan, Kamis (30/4/2020). Kini para PMI asal Tabanan siap kembali berlayar. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN – Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bali sudah mulai melakukan pengurusan dokumen untuk keberangkatannya bekerja di luar negeri terutama yang bekerja di kapal pesiar.

Sebagian PMI asal Bali sudah mulai berangkat ke kapal pesiar sejak bulan lalu. Lainnya masih menunggu jadwal keberangkatan.

Hanya saja, selain menyiapkan sejumlah dokumen penting, PMI juga dibebankan dengan adanya kewajiban swab test mandiri sebelum berangkat.

Kebijakan ini dirasa cukup memberatkan para PMI asal Bali. Karenanya mereka berharap difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Bali di awal sebelum berangkat.

Menurut salah satu PMI asal Bali, I Kadek Agus Sagita, sebelum berangkat menuju tujuan kerja, para PMI harus menyiapkan sejumlah dokumen.

Dokumen yang harus disiapkan para ‘pelaut’ ini meliputi BST (basic safety training), CCM ( crisis & crowd management), Paspor dan visa negara tujuan, Medical Check Up (MCU), dan yang terbaru adalah wajib swab test sebelum berangkat.

Baca Juga: Kabar Baik Bagi PMI Asal Bali, Sampai Juni 2021 Ini Sudah 2.702 Orang “Pesiar” Kembali Berlayar 

Baca Juga: Setiap Hari Ada yang Urus Izin Keberangkatan, 230 PMI Asal Gianyar Telah Bekerja di Luar Negeri 

Agus Sagita mengaku saat ini sedang mempersiapkan segala dokumennya sebelum jadwal untuk berangkat keluar.

“Kemudian juga wajib sudah melaksanakan vaksinasi dua kali atau bersedia divaksin di kapal jika di rumah belum divaksin,”  kata pria yang akrab disapa Dek Agus ini saat dikonfirmasi, Kamis 10 Juni 2021.

Halaman
123
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Komang Agus Ruspawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved