Breaking News:

Berita Klungkung

Puluhan Siswa Agama Buddha di Klungkung Ikuti Pembinaan Moderasi Agama

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung menggelar pembinaan moderasi beragama bagi siswa pendidikan agama dan keagamaan Buddha

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung menggelar pembinaan moderasi beragama bagi siswa pendidikan agama dan keagamaan Buddha di Gedung Pusdiklat Dharma Ratna, Klungkung, Bali, Rabu 9 Juni 2021 - Puluhan Siswa Agama Buddha di Klungkung Ikuti Pembinaan Moderasi Agama 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung menggelar pembinaan moderasi beragama bagi siswa pendidikan agama dan keagamaan Buddha.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pusdiklat Dharma Ratna, Klungkung, Bali, Rabu 9 Juni 2021.

Ketua Panitia kegiatan tersebut, Supriyanto dalam laporannya menjelaskan, pembinaan moderasi beragama bagi siswa agama Buddha di Klungkung menghadirkan tiga narasumber yakni Kepala BNNK Klungkung AKP I Made Pastika, Kanit Bintibmas Satbinmas Polres Klungkung IPDA Ida Bagus Gede Ariada, dan dari praktisi PMd Singgih Prayitio.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sekitar 30 siswa dan siswi dari jenjang SD hingga SMA.

Baca juga: Sutami Buru-buru Selamatkan Barang, Puluhan Rumah di Desa Kusamba Klungkung Terendam Banjir

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung, Drs Dewa Made Nida Udiyana menjelaskan, moderasi beragama saat ini sangatlah penting dan merupakan program khusus dari Kementerian Agama.

"Moderasi agama merupakan mandat dari Presiden Jokowi kepada Kementerian Agama. Hal ini harus sampai ke semua umat beragama, sehingga semua umat beragama bisa menghargai perbedaan atau keberagaman," ujar Dewa Made Nida Udiyana.

Ia juga menekankan, dalam moderasi yang dimaksud bukan lah agama yang dimoderasi.

Namun penghayatan, pemahaman, dan pengamalan dalam beragama lah yang perlu moderasi.

"Moderasi disini artinya kita tidak ekstrem. Hal ini juga yang ditekankan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat menahkodai Kementerian Agama," ungkapnya.

Ada beberapa materi penting yang akan dijelaskan dalam kegiatan pembinaan moderasi beragama bagi siswa pendidikan agama dan keagamaan Buddha di Klungkung.

Kanit Bintibmas Satbinmas Polres Klungkung, IPDA Ida Bagus Gede Ariada, memberikan materi tentang kenakalan remaja, bela negara, serta pencegahan terorisme di kalangan pelajar.

Ketua BNNK Klungkung, I Made Pastika, memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba dan penanggulangannya bagi pelajar.

Baca juga: Polda Bali Limpahkan Berkas Darmawati, Ada Unsur Penistaan Agama Hindu

Serta praktisi PMd Singgih Prayitio memberikan materi tentang ariya atthangika magga sebagai basic penguatan karakter bagi siswa Buddha.

"Mudah-mudahan kita semua sebagai umat beragama semakin moderat dan semakin menghargai perbedaan dan keberagaman," jelasnya. (*).

Kumpulan Artikel Klungkung

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved