Corona di Bali

Personel Urusan Kesehatan Polres Klungkung Bantu Vaksinasi Covid-19 di Desa Kutampi Kaler

Guna mempercepat cakupan vaksinasi di Klungkung, Personel Urusan Kesehatan bersama dengan Team Vaksinasi Poliklinik Polres Klungkung ikut membantu

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Personel Urusan Kesehatan bersama dengan Team Vaksinasi Poliklinik Polres Klungkung ikut membantu vaksinasi warga di Desa Kutampi Kaler, Nusa Penida, Klungkung, Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, KLUNGKUNG - Satgas Covid-19 saat ini aktif menggenjot vaksinasi di setiap desa di Klungkung.

Guna mempercepat cakupan vaksinasi di Klungkung, Personel Urusan Kesehatan bersama dengan Team Vaksinasi Poliklinik Polres Klungkung ikut membantu vaksinasi warga di Desa Kutampi Kaler, Nusa Penida.

" Personel urkes dan poliklinik kami kerahkan untuk membantu petugas vaksinasi dari puskesmas dan rumah Sakit di Kecamatan Nusa Penida."

"Target sasaran hari ini sebanyak 100 orang masyarakat Nusa Penida yang belum mendapatkan vaksin," ujar Kapolsek Nusa Penida, AKP I Gede Sukadana, Selasa 15 Juni 2021.

Baca juga: Jumlah Penduduknya Banyak, Buleleng Jadi Atensi Pemprov Bali Terkait Vaksinasi Covid-19

Menurut Sukadana, ini juga sebagai bentuk kepedulian dari Polda Bali, khususnya Polres Klungkung dalam mendukung program vaksinasi Covid-19.

" Bagi warga yang sudah menjalani vaksinasi, kami selalu tegaskan agar tetap mematuhi protokil kesehatan dengan melaksanakan 5 M, misal memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi," ungkap Sukadana. 

Baca juga: Klungkung Kembali Terima 1.250 Dosis Vaksin Covid-19

Klungkung Kembali Terima 1.250 Dosis Vaksin

Klungkung kembali menerima 1.250 dosis atau 125 vial vaksin Covid-19 produk AstraZeneca.

Nantinya vaksin tersebut didistribusikan ke setiap desa, yang cakupan vaksinasi di wilayahnya belum tuntas.

Pendistribusian vaksin tersebut juga masih dikawal ketat kepolisian.

"Distribusi terhadap vaksin Covid-19 ini masih kami kawal ketat, demi kelancarannya sampai distribusi di wilayah sasaran,"ungkap Kapolres Klungkung, AKBP Bima Aria Viyasa.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Klungkung, I Nyoman Suwirta menjelaskan, sejauh ini jumlah ketersediaan vaksin Covid-19 di Klungkung, Bali, masih aman.

Baca juga: Jumlah Kematian Akibat Covid-19 Sampai Juni 2021 Sudah Melampaui Total Tahun 2020

"Jika dulu orang yang menunggu vaksin, sekarang sebaliknya, vaksin yang menunggu orang,"ungkap Suwirta, Senin 14 Juni 2021.

Sementara, berdasarkan data Satgas Covid-19 Klungkung per Rabu 9 Juni 2021, ada sembilan desa dengan cakupan vaksinasi masih rendah antara lain Desa Paksebali, Kelurahan Semarapura Tengah, Sampalan Klod, Tangkas, Semarapura Klod Kangin, Gelgel, Tegak, Bungbungan dan Keluarahan Semarapura Kangin.

Desa/kelurahan itu masuk cakupan vaksinasinya masih di bawah 30 persen.

Baca juga: Kasus Positif Menurun, RSUD Wangaya Denpasar Hanya Rawat Tiga Pasien Covid-19

Sementara, ada empat desa dengan cakupan tertinggi, yakni Desa Lembongan dan Jungut Batu di Kecamatan Nusa Penida yang cakupan vaksinasinya sudah mencapai 100 persen.

Kemudian dua desa lainnya, yakni Jumpai dan Kampung Gelgel di Kecamatan Klungkung yang cakupannya sudah 98 persen.

"Meskipun sudah tuntas vaksiansi dan ketersediaan vaksin masih aman, saya imbau masyarakat untuk tetap taat akan protokol kesehatan. Misalnya rajin mencuci tangan, mengenakan masker, dan menghindari kerumunan," ungkap Suwirta. (*)

Berita lainnya di Berita Klungkung

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved