Breaking News:

Berita Jembrana

Sekitar 111 Pekerja Migran Indonesia Asal Jembrana Sudah Kembali Bekerja

Sekitar 111 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jembrana, Bali, yang mulai kembali ke negara tempat kerja.

Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Ilustrasi - Sekitar 111 Pekerja Migran Indonesia Asal Jembrana Sudah Kembali Bekerja 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Jembrana, I Komang Suparta, menyatakan sudah ada sekitar 111 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jembrana, Bali, yang mulai kembali ke negara tempat kerja.

Meski jumlah ini masih minim dibandingkan dengan PMI yang pada 2020 lalu dipulangkan kembali ke Indonesia, khususnya PMI Kabupaten Jembrana yang diperkirakan berjumlah sekitar 1.189 orang.

“PMI asal Jembrana yang sudah berangkat keluar negeri sebanyak 111 orang dengan tujuan ke sejumlah negara di Eropa, Amerika dan Asia,” ucapnya, Selasa 15 Juni 2021.

Dijelaskannya, bahwa mereka bekerja di sektor pariwisata dan perkebunan, serta sektor jasa lain di negara tempat bekerja.

Baca juga: 171 PMI Asal Karangasem Sudah Kembali Bekerja ke Luar Negeri Hingga Mei 2021

Dan yang paling banyak ialah para PMI yang bekerja di sektor pariwisata, karena di sejumlah negara tujuan pariwisatanya sudah mulai pulih.

Untuk PMI yang berangkat, tidak hanya yang dipulangkan, bahkan ada yang baru setelah lulus dari pelatihan kerja sesuai dengan kompetensinya.

“Pada tahun 2020 lalu, sebanyak 1.189 orang PMI asal Jembrana dipulangkan karena pandemi Covid-19. Saat ini masih menunggu situasi negara tujuan pulih,” jelasnya.

Sebelumnya, salah satu PMI asal Jembrana, I Putu Eka Juniartawan mengatakan, sudah bekerja di kapal pesiar dan posisinya berada di Chania Greece atau lebih dikenal Yunani.

Antara Indonesia dan Yunani sendiri terpaut perbedaan waktu sekitar lima jam.

Juniartawan mengaku, mulai berangkat awal Mei 2021 lalu. Tepatnya di tanggal 6 Mei dari Bali.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved