Breaking News:

Berita Denpasar

INFO Lengkap PPDB SMP di Denpasar Tahun 2021, Ini Syarat Jalur Prestasi yang Wajib Dipenuhi

INFO Lengkap PPDB SMP di Denpasar Tahun 2021, Ini Syarat Jalur Prestasi yang Wajib Dipenuhi

Penulis: Putu Supartika | Editor: Widyartha Suryawan
Ganendra
Ilustrasi - INFO Lengkap PPDB SMP di Denpasar Tahun 2021, Ini Syarat Jalur Prestasi yang Wajib Dipenuhi 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pelaksanaan PPDB tahun 2021 untuk jenjang SMP di Denpasar digelar mulai Jumat 18 Juni 2021 besok.

Pendaftaran hari pertama diawali dengan jalur prestasi.

Kabid SMP Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama mengatakan, tahun ini memang jadwal prestasi didahulukan, karena jika kuota tak terpenuhi akan dialihkan ke jalur zonasi.

“Ini memang beda dengan tahun sebelumnya. Kalau dulu kan jalur zonasi dulu baru prestasi, artinya dulu yang tidak lolos di zonasi bisa ikut jalur prestasi.

"Sekarang bisa, kalau kuota tidak terpenuhi untuk jalur prestasi akan ditutupi jalur zonasi. Jika jalur prestasi tidak lolos, peserta didik bisa ikut zonasi,” kata Wiratama saat ditemui Kamis, 17 Juni 2021 di ruangannya.

Ia menambahkan, untuk semua jalur, jika yang mendaftar melebihi kuota, maka seleksi akan menggunakan nilai raport 5 semester.

Baca juga: Dibuka Besok, Ini Jadwal PPDB SMP di Denpasar dan Daya Tampung Masing-masing Sekolah

Syarat Jalur Prestasi
Adapun persyaratan untuk jalur prestasi yakni sebagai berikut.

  • Merupakan lulusan Sekolah Dasar Kota Denpasar dan memiliki Kartu Keluarga Kota Denpasar atau lulusan Sekolah Dasar Kota Denpasar dan memiliki Kartu Keluarga luar Kota Denpasar atau lulusan Sekolah Dasar luar Kota Denpasar dan memiliki Kartu Keluarga Kota Denpasar.
  • Kartu Keluarga dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota setempat yang diterbitkan paling singkat 1 Juni 2020.
  • Memiliki Ijazah atau Surat Keterangan Lulus Sekolah Dasar atau Kesetaraan yang dikeluarkan oleh sekolah.
  • Untuk jalur prestasi akademik memiliki sertifikat prestasi juara akademik tingkat Sekolah/ Kecamatan/Kabupaten/Kota/Provinsi/Regional/Nasional/ Internasional, yang diterbitkan paling singkat bulan Juni 2021 dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB oleh instansi pemerintah/lembaga resmi.

      Jalur prestasi ini juga termasuk lomba baca puisi atau pidato mulai dari tingkat kecamatan.

  • Untuk kategori Non Akademik Utsawa Dharma Gita/Lomba Bulan Bahasa Bali dengan persyaratan memiliki sertifikat atau piagamlomba Utsawa Dharma Gita/Lomba Bulan Bahasa Bali tingkat Kota Denpasar/Provinsi Bali/Nasional yang diterbitkan paling singkat bulan Juni 2021 dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB oleh instansi pemerintah/lembaga resmi.
  • Kategori Olahraga dengan persyaratan memiliki sertifikat prestasi juara olahraga tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi/Regional/Nasional/Internasional, yang diterbitkan paling singkat bulan Juni 2021 dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB oleh instansi pemerintah/lembaga resmi.
  • Untuk kategori Seni dengan persyaratan memiliki sertifikat prestasi juara seni tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi/Regional/Nasional/Internasional, yang diterbitkan paling singkat bulan Juni 2021 dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB oleh instansi pemerintah/lembaga resmi.
  • Dan untuk kategori Pesta Kesenian Bali dengan persyaratan memiliki piagam penghargaan Pesta Kesenian Bali yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Denpasar dan dilegalisir oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Denpasar atau memiliki Surat Keterangan yang diterbitkan oleh Pemerintah Kota Denpasar dengan jangka waktu penerbitan tahun 2019, 2020 dan 2021.

“Untuk PKB tahun 2019 menggunakan piagam, untuk tahun 2020 menggunakan SK ikut PKB karena meskipun tak jadi tampil di Art Center, mereka ikut pelaksanaan PKB di Denpasar dan tahun 2021 sudah dibuatkan piagam,” kata Kabid SMP Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar, Anak Agung Gede Wiratama.

Baca juga: Dibuka Besok, Ini Jadwal PPDB SMP di Denpasar dan Daya Tampung Masing-masing Sekolah

Perlu diperhatikan, Calon Peserta Didik Baru hanya boleh memilih 1 Sekolah Menengah Pertama Negeri dari 14 Sekolah Menengah Pertama Negeri yang ada di Kota Denpasar.

Jika sekolah memiliki Calon Peserta Didik Baru melebihi daya tampung, maka Calon Peserta Didik Baru akan dipindahkan berdasarkan basis data Dinas Kebudayaan Kota Denpasar ke Sekolah lain yang masih memiliki daya tampung.

Dan jika masih melebihi kuota maka akan diseleksi lewat nilai 5 semester.

“Jika Calon Peserta Didik Baru tidak lolos pada Jalur Prestasi, maka Calon Peserta Didik Baru dapat mendaftar kembali pada Jalur Zonasi (Kategori Umum dan Dampak Covid-19) atau Jalur Afirmasi,” katanya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved