Breaking News:

Olimpiade Tokyo 2020

PROFIL Rio Waida, Peselancar Asal Bali Lolos Olimpiade Tokyo 2020, Latihan di Kuta Raih Medali SEAG

Rio Waida dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 setelah menjadi runner-up pada ajang ISA World Surfing Games 2019 di Miyazaki, Jepang.

Editor: Kambali
Dok. NOC Indonesia via Kompas.com
Peselancar Indonesia, Rio Waida, menjadi wakil ke-20 Indonesia yang lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. 

TRIBUN-BALI.COM - Wakil Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo 2020 bertambah seusai peselancar Rio Waida dinyatakan lolos kualifikasi.

Sosok Rio Waida dinyatakan lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 oleh International Surfing Association (ISA) setelah menjadi runner-up pada ajang ISA World Surfing Games 2019 di Miyazaki, Jepang.

Pada event tersebut, empat atlet putra dan putri yang berhak memiliki poin tertinggi dari masing-masing kontinental, yakni Afrika, Asia, Eropa, dan Oseania berhak mendapat tiket ke Olimpiade Tojyo.

Untuk Zona Asia, satu tiket Olimpiade Tokyo sebenarnya menjadi milik peselancar Jepang, Shun Murakami, yang menjadi pemenang ISA World Surfing Games 2019.

Baca juga: Tim Panahan Putra Indonesia Lolos ke Olimpiade Tokyo 2020, Arif Pangestu: Ini Sangat Luar Biasa

Namun, slot yang diperoleh Shun Murakami kini dialokasikan ke Rio Waida.

Dilansir dari Antara News dan dikutip Kompas.com, hal itu lantaran Shun Murakami juga lolos ke final ISA World Games 2021 bersama peselancar putra Jepang lainnya, yaitu Hiroto Ohhara.

ISA World Games 2021 yang merupakan kejuaraan penutup rangkaian kualifikasi surfing digelar di El Salvador pada 29 Mei hingga 6 Juni 2021.

Pada final tersebut, Shun Murakami dan Hiroto Ohhara akan memperebutkan satu slot ke Olimpiade untuk peselancar putra Jepang.

Adapun terkait kuota atlet di Olimpiade, ISA telah menetapkan 40 tiket masing-masing 20 atlet putra dan 20 atlet putri.

Setiap negara hanya boleh mengirimkan dua wakilnya, baik putra maupun putri ke pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

Baca juga: UPDATE Olimpiade Tokyo 2020: PM Jepang Isyaratkan Pertandingan dengan Kehadiran Penonton

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved