Breaking News:

Sponsored Content

Upayakan Geliat Ekonomi dari Potensi Desa, PLN Peduli Kembangkan Ekowisata Desa Sanda Tabanan

Dari segi pemberdayaan masyarakat, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan kopi bersama warga asli Desa Sanda

istimewa/PLN
TJSL PLN Peduli kembali salurkan bantuan untuk pembinaan SDM dan penguatan industri kreatif di Ekowisata Sanda yang berada di Desa Sanda, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Sebagai wujud kepedulian dan dukungan untuk upaya kebangkitan sektor pariwisata pada kenormalan baru atau new normal, TJSL PLN Peduli kembali salurkan bantuan untuk pembinaan SDM dan penguatan industri kreatif di Ekowisata Sanda yang berada di Desa Sanda, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan, Bali.

Bantuan program pembinaan SDM serta penguatan industri kreatif yang disalurkan melalui program TJSL PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek (UPP) JBTB 4 yang berada dalam wilayah pekerjaan SUTT 150 kV Celukan Bawang – Kapal ini berupa pembangunan lahan di wilayah desa antara lain jalur tracking ekowisata sepanjang 2 km yang merupakan kebun kopi, jeruk, dan durian.

Nantinya juga disediakan base camp untuk pengunjung yang ingin berkemah di lokasi.

Dari segi pemberdayaan masyarakat, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan kopi bersama warga asli Desa Sanda.

Baca juga: Populerkan Kendaraan Listrik, PLN Bali Bersama Komunitas Pamerkan Kreasi Motor Listrik

Bantuan lainnya yang juga diberikan berupa gardu pandang yang berada di lokasi Ekowisata Sanda.

SUTT 150 kV Celukan Bawang – Kapal  dengan panjang saluran 140.364 kms dijelaskan oleh Manager UPP JBTB 4, Nico Samuel Saroinsong, saat ini masih dalam tahap pengurusan sertifikasi lahan.

“Saat ini masih dalam proses pengurusan sertifikasi lahan, jika sudah selesai, selanjutnya kami serahkan ke PLN UIT JBM sebagai unit pengusahaan”, terang Nico.

Pengembangan program pada Ekowisata Sanda ini merupakan tahun kedua menjadi bagian dari program pengembangan TJSL PLN Peduli, setelah tahun sebelumnya program difokuskan pada persiapan sumber daya manusia yang tidak lain adalah warga di Desa Sanda sebagai pengelola pengembangan potensi alam menjadi destinasi wisata di Desa Sanda melalui Ekowisata Sanda.

Disampaikan oleh Nico, program diberikan agar warga dapat membuka peluang ekonomi baru di Desa Sanda.

“Melalui pelaksanaan program pengembangan Ekowisata Desa Sande, harapannya warga dapat memanfaatkan potensi desa yang ada menjadi destinasi wisata sehingga dapat membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat”, papar Nico.

Penyerahan bantuan program diserahkan secara simbolis oleh perwakilan team TJSL PLN Peduli UPP JBTB 4, Dwi Nugroho pada akhir bulan lalu, Selasa (31/5/2021), dan diterima oleh Perbekel Desa Sanda, I Ketut Sunarta

I Ketut Sunarta, menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian yang diberikan PLN terhadap pemberian edukasi SDM untuk mengenali potensi Desa Sanda  hingga bagaimana merawat dan mengelola potensi yang dimilik desa.

“Terima kasih kami sampaikan kepada PLN karena program ini dapat dikembangkan sehingga masyarakat dapat belajar untuk mengelola potensi alam yang ada untuk dirawat bersama dan dapat dirasakan juga manfaat bersamanya untuk ekonomi warga melalui destinasi Ekowisata Sanda”, ujar Ketut.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved