Breaking News:

Berita Tabanan

Pencurian di Pura Wilayah Desa Tajen Tabanan, 20 Sangku Berbahan Perak dan Kuningan Digondol Maling

Sejumlah barang yang hilang diantaranya seperti sarana sembahyang berupa sangku (tempat tirta) dan uang kepeng atau Pis Bolong.

Penulis: I Made Prasetia Aryawan | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/I Made Prasetia Aryawan
Jro Mangku Pura Dalem Desa Adat Tajen saat berada di depan gudang barang di Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Tabanan, Selasa 29 Juni 2021. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN – Peristiwa pencurian di sebuah pura kembali terjadi di Tabanan.

Gudang tempat penyimpanan barang atau alat-alat di Pura Dalem dan Prajapati Desa Adat Tajen, Desa Tajen, Kecamatan Penebel, Tabanan, diketahui Senin 28 Juni 2021 kemarin.

Sejumlah barang yang hilang diantaranya seperti sarana sembahyang berupa sangku (tempat tirta) dan uang kepeng atau Pis Bolong.

Menurut penuturan Jro Mangku Ratu Nyoman, Jro Mangku I Gede Made Sumantra, awal mula peristiwa pembobolan gudang di areal tempat suci diketahui oleh mangku Pura Prajapati saat bersih-bersih dan melakukan persembahyangan.

Baca juga: Gelar Balap Liar di Selemadeg Timur Tabanan, Lima Pelajar SMK Diciduk Polisi

"Yang paling pertama diketahui pencuriannya di Pura Prajapati saat mangku setempat sembahyang di sana," ungkap Mangku Sumantra saat ditemuI di Pura Dalem Desa Adat Tajen, Selasa 29 Juni 2021.

Dia menceritakan, saat membersihkan di halaman pura, mangku tersebut melihat gudang sedikit terbuka dan setelah dilihat dari dekat ternyata engsel gembok dalam keadaan rusak.

Karena penasaran, yang bersangkutan kemudian masuk ke dalam gudang dan melihat pintu lemari kaca terbuka serta melihat beberapa barang berserakan di lantai.

"Setelah itu baru diberitahukan ke Bendesa termasuk tiang selaku Jro Mangku Pura Ratu Nyoman dan Mangku Pura Dalem yang kebetulan sedang sembahyang di Pura," katanya.

Setelah mengetahui, kata dia, langsung bergegas mengecek gudang Ratu Nyoman yang lokasinya juga di Pura Dalem Adat Tajen kira-kira berjarak 50 meter sebelah utara dari Pura Prajapati.

 Setelah dicek ternyata engsel pada gudang Ratu Nyoman juga dalam keadaan rusak dan beberapa barang di dalam lemari kaca juga telah hilang.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved