Breaking News:

Kesehatan

Sering Berdampak ke Kesehatan Mental, Berikut 8 Tanda Kencanduan Seks

Seseorang dengan kecanduan seks mungkin memiliki kebutuhan kompulsif (bersifat memaksa) untuk dirangsang secara seksual.

Editor: I Made Dwi Suputra
Shutterstock
ILUSTRASI MODEL SEKSI 

TRIBUN-BALI.COM – Tanda kecanduan seks penting dikenali untuk mendukung diagnosis dini dan penanganan atas masalah ini.

Kecanduan seks di sini didefinisikan sebagai kurangnya kontrol atas pikiran, dorongan, dan perilaku seksual. Sementara dorongan seksual itu alami, kecanduan seks hanya mengacu pada perilaku yang dilakukan secara berlebihan dan secara signifikan berdampak negatif pada kehidupan.

Seseorang dengan kecanduan seks mungkin memiliki kebutuhan kompulsif (bersifat memaksa) untuk dirangsang secara seksual. Keinginan ini sering kali mengganggu kemampuannya untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Oknum Dokter Bikin Pesta Seks Bareng Rekan-rekannya, Pesta Berlangsung 3 Hari 2 Malam

Kecanduan seks dapat datang dalam berbagai bentuk, termasuk kecanduan:

  • Perilaku seksual
  • Masuk dalam prostitusi
  • Menonton atau mengonsumsi pornografi
  • Masturbasi atau fantasi seksual
  • Eksibisionis yakni memiliki dorongan, fantasi dan tindakan untuk memperlihatkan alat kelaminnya pada orang lain
  • Voyeurism yakni gangguan psikoseksual di mana seseorang mendapatkan kepuasaan seksual dari mengamati organ seks atau tindakan seks orang lain, sering kali dari tempat yang rahasia

Seseorang kecanduan seks dapat mengesampingkan aktivitas pokok sehari-hari untuk melakukan perilaku seksual terus-menerus. Padahal perilaku seksual kompulsif ini telah disadari dapat memiliki konsekuensi pribadi yang serius.

Baca juga: 11 Faktor Penentu Kehamilan Kembar, Genetika, Diet hingga Posisi Seks

Seperti kecanduan narkoba atau alkohol, kecanduan seks dapat berdampak pada kesehatan fisik, kesehatan mental, hubungan pribadi, kualitas hidup, dan keselamatan.

Tanda kecanduan seks

Anda sebensarnya tidak bisa secara serta merta mendiagnosis diri sendiri atau orang lain mengalami kecanduan seks. Di mana, dibutuhkan dokter atau psikolog untuk membuat diagnosis yang jelas atas masalah ini.

Meski begitu, beberapa kondisi berikut secara umum bisa dipandang sebagai tanda kecanduan seks yang penting ditindaklunjuti:

1. Pikiran seksual obsesif

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved