Breaking News:

11 Faktor Penentu Kehamilan Kembar, Genetika, Diet hingga Posisi Seks

Kembar identik lahir sebagai hasil dari telur yang dibuahi membelah menjadi dua embrio, sedangkan kembar fraternal lahir sebagai hasil dari dua telur

Shutterstock
Ilustrasi bayi kembar 

TRIBUN-BALI.COM - Kehamilan kembali menjadi dambaan banyak orang, ada berbagai faktor yang berperan penting dalam meningkatkan kemungkinan hamil anak kembar.

Ada dua jenis anak kembar, identik dan fraternal.

Kembar identik lahir sebagai hasil dari telur yang dibuahi membelah menjadi dua embrio, sedangkan kembar fraternal lahir sebagai hasil dari dua telur yang dibuahi dengan dua sperma.

Jika ingin memiliki anak kembar, berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan hamil kembar atau kembar fraternal, menurut Boldsky, seperti dilansir ANTARA Jumat, 19 Februari 2021.

Baca juga: 4 Cara Mengetahui Jenis Kelamin Bayi di dalam Kandungan, Dari USG hingga Amniosentesis

Genetika

Riwayat keluarga kembar dianggap sebagai alasan utama untuk hamil anak kembar secara alami.

Jika ada riwayat anak kembar fraternal dari pihak ibu, kemungkinan konsepsi anak kembar akan meningkat dan jika gen berada di kedua pihak keluarga (ayah dan ibu), maka kemungkinannya lebih besar lagi.

Riwayat hamil kembar
Penelitian mengatakan bahwa jika Anda sudah memiliki anak kembar (mungkin kembar fraternal) dari kehamilan sebelumnya, ada kemungkinan lebih besar untuk hamil kembar fraternal lagi.

Peluangnya ada di rasio 1:12. Namun, jika Anda memiliki anak kembar identik, maka peluang untuk pasangan kembar identik lainnya sangat rendah menjadi sekitar 1: 70000.

Usia ibu

Halaman
1234
Editor: Kambali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved