Kapal Tenggelam di Gilimanuk

Danlanal Denpasar Minta Masyarakat Lapor bila Temukan Material atau Korban KMP Yunicee

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P. meminta kepada masyarakat, khususnya di Bali untuk

Ist/Pen Lanal Denpasar
Penemuan liferaft milik KMP Yunicee oleh jajaran TNI AL, pada Kamis 1 Juli 2021. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P. meminta kepada masyarakat, khususnya di Bali untuk melapor apabila menemukan material atau korban dari KMP Yunicee yang tenggelam di Perairan Selat Bali, pada Selasa 29 Juni 2021. 

Hal ini disampaikan Danlanal Denpasar di sela-sela pelaksanaan SAR yang on board di KRI Rigel-933, di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, pada Kamis 1 Juli 2021.

"Kami juga meminta dukungan dari pihak masyarakat khususnya di wilayah Bali untuk menginformasikan kepada kami, jika menemukan atau melihat sesuatu yg mungkin bagian material atau korban dari ABK KMP Yunicee," tutur Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana,

Baca juga: Total Ada 76 Penumpang pada KMP Yunicee yang Tenggelam di Gilimanuk, 18 Orang Dalam Pencarian

Pada hari ketiga, operasi pencarian KMP Yunicee yang tenggelam di perairan Selat Bali yang dilakukan dengan menggunakan KRI Rigel-933 membuahkan hasil.

Menurut Danlanal Denpasar, Posisi KMP Yunicee telah ditemukan pada hari Kamis 1 Juli 2021 pukul 01.30 WIB, oleh KRI Rigel-933 berada di kedalaman 72 sampai dengan 78 meter dengan jarak kurang lebih 362 meter dari daratan terdekat dan kurang lebih 1,65 mil dari pelabuhan Gilimanuk. 

Dalam pelaksanaan SAR dengan KRI Rigel-933 tersebut, TNI AL juga menemukan beberapa barang dan lokasi titik di dasar laut KMP Yunicee pasca tenggelam di Perairan Selat Bali. 

Baca juga: Hasil Validasi, Manifest KMP Yunicee Berjumlah 76 Orang, Ini Rinciannya

Operasi pencarian ini dipimpin langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Denpasar Kolonel Laut (P) I Komang Teguh Ardana, S.T., M.A.P., Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Eros Wasis, M.Tr.(Han)., CTMP., Komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim, M.Tr.(Hanla).

"Dalam proses pencarian KRI Rigel-933 yang memiliki kemampuan mendeteksi bawah air 3 Dimensi mendapatkan gambar - gambar hasil side scan sonar sehingga tampilan yang diberikan untuk mencari KMP Yunicee berhasil dilaksanakan dengan mendapatkan data kedalaman, posisi dan keadaan kapal saat ini," jelas Danlanal Denpasar.

Baca juga: Cerita Ketut Astrawan dan Anaknya yang Selamat dari Tragedi Karamnya KMP Yunicee, Ngaku Masih Trauma

Ia menjelaskan, bahwa operasi pencarian dilakukan atas instruksi langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudho Margono untuk membantu kegiatan operasi SAR terhadap KMP Yunicee

"Hingga saat ini TNI menurunkan 3 KRI yaitu KRI Rigel-933, KRI Soputan-923, KRI Singa-651, dan saat ini posisi seluruh KRI berada di perairan selatan selat Bali," ujarnya. 

Baca juga: Kunjungi Korban Karamnya KMP Yunicee, Bupati Tamba Nyatakan Siap Jadikan Aurel Anak Angkatnya

Pihaknya berupaya penuh untuk mendukung operasi SAR KMP Yunicee dengan stakeholder terkait. 

Posko pencarian di bagi menjadi 2 tempat yaitu posko di Pelabuhan Gilimanuk Jembrana Bali dan posko di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

"Diharapkan korban para awak ABK dan penumpang segera ditemukan," harap dia

Adapun pencarian yang dilaksanakan oleh TNI AL di wilayah selat Bali tersebut merupakan tugas dalam pelaksanaan operasi militer selain perang (OMSP). 

"Saat ini kami akan terus berupaya dalam pelaksanaan pencarian KMP Yunicee, dan kami juga mohon bantuan doa dari seluruh masyarakat agar dalam kegiatan pencarian ini dapat terselesaikan dengan baik dan bisa memberikan hasil yg memuaskan," pungkas Danlanal. (*)

Berita lainnya di TNI AL

Sumber: Tribun Bali
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved