Breaking News:

Berita Denpasar

TCI Unud Gelar Pelatihan Bahasa Mandarin Online, Digelar Selama 2 Bulan Secara Gratis Bagi Mahasiswa

TCI Universitas Udayana selenggarakan Pembukaan Pelatihan Bahasa Mandarin Online melalui aplikasi Webex, Senin 12 Juli 2021 kemarin.

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
Dok. Humas Unud
Tourism Confucius Institute (TCI) Universitas Udayana selenggarakan Pembukaan Pelatihan Bahasa Mandarin Online melalui aplikasi Webex, Senin 12 Juli 2021 kemarin. 

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Tourism Confucius Institute (TCI) Universitas Udayana selenggarakan Pembukaan Pelatihan Bahasa Mandarin Online melalui aplikasi Webex, Senin 12 Juli 2021 kemarin.

BACA JUGA: Kodam IX/Udayana Jalani Pray From Home, Sebagai Upaya Spiritual Agar Pandemi Covid-19 Berakhir

Pelatihan ini akan diselenggarakan selama 2 bulan secara gratis bagi mahasiswa Universitas Udayana.

Direktur Indonesia TCI Unud Drs. I Made Sendra, M.Si dalam keterangannya, Selasa 13 Juli 2021 menyampaikan bahwa Bali merupakan salah satu destinasi pilihan bagi wisatawan Tiongkok.

"Jumlah kunjungan wisatawan Tiongkok ke Bali mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun 2008-2015," ujarnya.

Pada tahun 2008, wisatawan Tiongkok menduduki peringkat kelima tertinggi.

Namun, pada tahun 2012 menduduki peringkat kedua setelah Australia.

Posisi ini masih bertahan hingga tahun 2016, dan sejak tahun 2017 wisatawan Tiongkok menduduki peringkat 1 hingga tahun 2019.

Berdasarkan data kuisioner online di Tiongkok selama pandemi Covid-19, Bali tetap menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Tiongkok.

"Di era globalisasi ini, persaingan antar sumber daya manusia semakin ketat sehingga penguasaan bahasa Mandarin merupakan salah satu syarat untuk berhasil memenangkan persaingan di pasar global," imbuh Made Sendra.

Pemerintah China telah memberikan banyak kesempatan kepada masyarakat Indonesia khususnya di Bali untuk mendapatkan beasiswa belajar di China dengan syarat lulus ujian HSK 4 atau HSK 5.

Oleh karena itu, TCI Universitas Udayana membuka kesempatan bagi seluruh mahasiswa Universitas Udayana untuk belajar bahasa Mandarin dan budaya Tiongkok.

Berdasarkan data pendaftaran, jumlah mahasiswa yang akan mengikuti kelas pelatihan Bahasa Mandarin ini sekitar 171 orang.

Terdapat 154 siswa yang akan mengambil HSK 1, 7 mahasiswa yang akan mengambil HSK 2, 5 mahasiswa yang akan mengambil HSK 3, dan terdapat 4 mahasiswa yang akan mengambil HSK 4. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved