Breaking News:

Berita Badung

Cairkan BST PPKM Darurat secara Simbolis, Giri Prasta Sebut Semua KK di Badung Dapat Bantuan

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) secara simbolis kepada warganya

Penulis: I Komang Agus Aryanta | Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Bupati Badung Nyoman Giri Prasta saat memberikan BST PPKM Darurat secara simbolis pada warganya di Wantilan Pura Desa Adat Mengwi pada Senin 19 Juli 2021 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Pemerintah Kabupaten Badung melalui Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) secara simbolis kepada warganya di beberapa kecamatan.

Saat pemberian BST PPKM Darurat di Kecamatan Mengwi yang berlokasi di Pura Dalem Desa Adat Mengwi Badung pada Senin 19 Juli 2021, Orang nomor satu itu memastikan semua Kelapa Keluarga (KK) yang ada di Badung  mendapat Bantuan.

Dijelaskan untuk bantuan dari Kementrian Sosial yakni Program Keluarga Harapan (PKH) warga yang menerima di Badung sebanyak 4.800 KK, begitu juga program Sembako dari Kementrian Sosial atau Bantuan program non tunai  (BPNT) yang dibelanjakan untuk membeli sembako yang menerima di Badung sebanyak 6.878 KK.

Baca juga: BOR Pasien Covid-19 di Badung Capai 75 Persen, ICU Terisi 90 Persen

Selanjutnya untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementrian Sosial yang menerima di Badung sebanyak 14. 132 KK. Begitu juga Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang menerima di Badung jumlahnya 4.909 KK.

"Artinya semua KK ini tidak lagi mendapat bantuan dari Kabupaten Badung. Karena Bantuan Sosial Tunai (BST) PPKM Darurat ini murni dari APDB kita,"kata Giri Prasta di dampingi Sekda Badung Wayan Adi Arnawa.

Dijelaskan BST yang diberikan dari APBD Badung yang sudah menerima sebanyak 30.319 KK. Sehingga kini pihaknya akan memberikan BST PPKM Mikro itu sebanyak 98.830 KK. dengan jumlah keseluruhan KK di Badung sebanyak 129.149 KK.

Baca juga: Mudahkan Pemantauan Kondisi Kesehatan Masyarakat Positif Covid-19, Badung Siapkan Tempat Isolasi

"Jadi semua KK mendapatkan. Ini tujuan kami, seperti yang saya sampaikan, memang susah berbicara tanpa data tapi akan lebih parah lagi kalau kita berbicara tanpa data," ucapnya

Dirinya mencontohkan di Kecamatan Mengwi akan didata, berapa yang menerima bantuan dari pusat, baik sembako atau BST yang tentunya memenuhi persyaratan. Setelah itu yang sisanya akan dibantu langsung oleh anggaran APBD melalui BST PPKM Darurat.

"Jadi misalkan ada yang lewat datanya dan ada yang bermasalah atau bagaimana, kita harapkan melaporkan ke posko pengaduan di kantor dinas sosial. Jadi posko pengaduan ini memberikan pelayanan 24 jam penuh," ucapnya.

Baca juga: Patroli Gabungan di Badung, Ingatkan Masyarakat Terkait PPKM Darurat

Lebih lanjut dirinya menjelaskan untuk bantuan kepada masyarakat ada 3 sumber anggaran yakni dari Kementrian Sosial, Dana Desa dan APBD Kabupaten Badung.

"Jadi tiga alokasi anggaran ini akan memberikan bantuan kepada seluruh KK yang ada di Badung," jelasnya.

Untuk diketahui pada Senin 19 Juli 2021 Bupati Badung menyerahkan secara simbolis BST PPKM Darurat itu ke tiga kecamatan yang ada yakni Kecamatan Mengwi, Abiansemal dan Petang.

Baca juga: Komitmen Bupati Giri Prasta, Badung Segera Salurkan BST Bagi Masyarakat yang Paling Terdampak 

Pada penyerahan BST ini ada 20 warga yang diberikan sebagai sampel penerima di masing-masing kecamatan. Sehingga hari ini ada 60 KK yang mendapatkannya.

"Nanti saya minta kepada kaling agar memberikan bantuannya ke rumah-rumah untuk mengurangi kerumunan yang ada," imbuh Giri Prasta (*)

Berita lainnya di Berita Badung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved