Breaking News:

Sponsored Content

Giri Prasta Melaunching Penyerahan BLT PPKM Darurat di Badung, Pastikan Seluruh Warga Dapat Bantuan

Ada 98.830 KK Badung yang disampaikan oleh Bupati Giri Prasta masuk dalam kategori penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari APBD Kabupaten

Penulis: I Komang Agus Aryanta | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/I Komang Agus Aryanta
Bupati Giri Prasta saat me-launching penyerahan simbolis BLT Kabupaten Badung tahap 1 di Wantilan Pura Dalem Mengwi, Wantilan Desa Sedang dan Wantilan Desa Carangsari, Senin (19/7/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Sebagai wujud kehadiran pemerintah daerah di tengah masyarakat pada masa PKKM Darurat, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta didampingi wakil Ketua DPRD Badung Wayan Suyasa dan Sekda Wayan Adi Arnawa, me-launching penyerahan simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kabupaten Badung tahap 1 untuk Kecamatan Mengwi, Abiansemal dan Petang bertempat di Wantilan Pura Dalem Mengwi, Wantilan Desa Sedang dan Wantilan Desa Carangsari, Senin (19/7/2021).

Turut hadir Inspektur Kabupaten Badung Ni Luh Suryaniti, Kadis Sosial Ketut Sudarsana, Kepala BPD Mangupura, Camat Mengwi, Perbekel Mengwi dan Bendesa Adat Mengwi.

Ada 98.830 KK Badung yang disampaikan oleh Bupati Giri Prasta masuk dalam kategori penerima bantuan langsung tunai yang bersumber dari APBD Kabupaten Badung diluar Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLTDD) yang digelontorkan oleh pemerintah pusat.

“Warga Badung yang sudah mendapat bantuan dari pemerintah pusat melalui PKH dengan interval nominal 200-400 ribu jumlahnya 4.800 KK. Kedua sebanyak 6.878 KK, juga sudah dapat program BPNT yang bisa dibelanjakan di e-warung sesuai ketentuan Kemensos. Dan ketiga BLT DD juga sudah ada di Badung yang jumlahnya 4.509 KK berarti ini semua ini tidak akan dapat lagi dari Kabupaten Badung,” jelasnya.

Baca juga: Polres Badung Salurkan Bantuan 5 Ton Beras untuk Warga yang Terdampak PPKM Darurat

Selain tiga program bantuan diatas, Bupati Giri Prasta juga menyampaikan bahwa Kemensos akan menyalurkan BST kepada 14.132 KK Badung dengan nominal Rp 300 ribu per KK pencariannya lewat PT Pos, yang pelaksanaannya dimulai dari Desa Angantaka Abiansemal, Selasa (20/7/2021).

"Sehingga warga Badung yang sudah menerima bantuan dari pemerintah pusat, semuanya berjumlah 30.319 KK. Sekarang kami memberikan BLT kepada 98.830 KK, karena jumlah total KK di Badung itu 129.149 KK sehingga semua mendapatkan bantuan," katanya.

"Memang susah berbicara data tapi akan lebih susah lagi berbicara tanpa data, contoh kami memiliki 46 desa 16 kelurahan, misal Desa Mengwi berapa jumlah KK yang sudah dibantu pemerintah pusat, di luar itu baru kita beri bantuan murni dari APBD Badung,” imbuhnya.

Dikatakan apabila ada warga yang tercecer dalam proses pendataan, Bupati Giri Prasta mempersilahkan warga untuk melapor melalui posko pengaduan 24 jam Dinas Sosial di nomor 081 238000 544 dan 085 106924 888.

 "Jangan lupa, ada juga masyarakat yang menerima BLT dikembalikan dan diberikan kepada yang lebih membutuhkan, saya kira itu luar biasa," bebernya

Bupati Giri Prasta mengungkapkan saat ini kondisi pandemi Covid-19 sudah 1 tahun lebih mengakibatkan kondisi keuangan semakin terpuruk, pihaknya terus berusaha keras untuk mencari celah keuangan untuk masyarakat Badung.

"Dulu sebelum pandemi banyak bantuan dana dari Pemerintah Kabupaten Badung untuk masyarakat dan itu merupakan komitmen pemerintah dalam membantu meringankan pengeluaran masyarakat.

Saat ini di tengah Pandemi Covid-19 walaupun ada uang sedikit semoga ini bermanfaat untuk masyarakat dan yang terpenting, yang paling utama adalah ini keluar dari keinginan dan pemikiran yang suci,"bebernya.

Sementara itu salah satu warga Mengwi penerima BLT PPKM Darurat Kabupaten Badung, Made Sedana mengucapkan terimakasih kepada Bupati Badung atas perhatiannya kepada masyarakat di masa PPKM darurat.

Pihaknya turut mengajak semua warga untuk taat dan patuh pada peraturan pemerintah guna mempercepat pemutusan mata rantai pandemi Covid-19 ditengah masyarakat. (Adv/Gus)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved