Breaking News:

Techno

Racun Bagi Gamer, Main Game PC di Konsol Portable Steam Deck

Steam Deck tak ubahnya PC mini yang bisa dibawa-bawa dan dibekali jeroan PS5 yang dipangkas dengan daya komputasi sebesar 2 teralops.

Editor: I Made Dwi Suputra
Pc Gamer
Ilustrasi Steam Deck 

TRIBUN-BALI.COM - Steam Deck sukses memancing rasa penasaran gamer di seluruh dunia.

Setelah diperkenalkan menjelang akhir pekan ini, konsol game handheld dari Valve tersebut diserbu peminat yang ingin memesannya.

Wajar saja, Steam Deck tak ubahnya PC mini yang bisa dibawa-bawa dan dibekali jeroan PS5 yang dipangkas dengan daya komputasi sebesar 2 teralops.

Tenaganya kira-kira setara dengan PS4. Apakah sudah cukup untuk menjalankan aneka game PC dengan lancar?

Baca juga: Gangguan Kesehatan yang Mengintai Para Gamers

IGN Southeast Asia sempat menjajal konsol portable Steam Deck (versi non-final) untuk memainkan sejumlah judul game PC populer, termasuk Control, Star Wars Jedi: Fallen Order, Doom Eternal, hingga Hades.

Lancar di 720p

Dari pengamatannya, IGN menyimpulkan bahwa Steam Deck bisa menjalankan game PC terkini di setting  grafis "medium hingga high" dengan frame rate yang relatif lancar, meski tidak disebutkan berapa fps yang didapat.

Dalam hal ini Steam Deck terbantu dengan resolusi layarnya yang sebesar 1.280 x 800 (16:10, 60 Hz) dengan diagonal 7 inci, kira-kira setara dengan layar 720p milik Nintendo Switch versi OLED.

Kendali game dilakukan dengan sepasang stik analog dan trackpad, D-pad, empat tombol XYZA, serta empat tombol trigger di sisi kanan dan kiri layar.

Baca juga: Setelah Penulis dan Penerjemah, Kini Pemerintah China Akui Gamer dan Blogger sebagai Pekerjaan

Kalau ingin tampilan lebih besar, pengguna Steam Deck bisa menyambungkannya ke monitor eksternal serta keyboard dan mouse dengan menggunakan konektor USB tipe C yang tersedia, berikut USB hub atau Bluetooth.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved