Breaking News:

Berita Klungkung

Anggarkan Optimalisasi Sumber Mata Air Segening Rp 1,4 Miliar,Pemkab Klungkung Segera Lakukan Tender

Pemkab telah memasang anggaran sebesar Rp 1,4 miliyar, untuk menaikkan air dari sumber mata air yang berada ratusan meter di bawah tebing tersebut.

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: Wema Satya Dinata
Ist/Pemkab Klungkung
Pemkab Klungkung menyambangi sumber mata air di sumber mata air Segening, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Rabu (28/7/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta menargetkan penanganan air dari sumber mata air Segening, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida dilakukan tahun ini.

Pemkab telah memasang anggaran sebesar Rp 1,4 miliyar, untuk menaikkan air dari sumber mata air yang berada ratusan meter di bawah tebing tersebut.

Bersama tim dari PDAM, PLN, Betperlitbang, Dinas PU dan jajaran terkait, Bupati Suwirta kembali melakukan survei ke lokasi, Rabu 28 Juli 2021.

Ini juga sebagai tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya.

Baca juga: Pengerjaan Pompa Hidram di Banjar Petapan Klungkung Telah Mencapai 80 Persen

Menurut Bupati Suwirta, pemerintah telah menganggarkan Rp 1,4 miliar untuk menaikkan air Segening, termasuk menyiapkan reservoar sehingga nanti bisa mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayah ini.

"Kita sudah menganggarkan Rp 1,4 miliar untuk menaikkan air di sini, termasuk terget ada reservoar sampai nanti bisa mencukupi masyarakat disini," ujar Bupati Suwirta.

Pihaknya lanjut menugaskan tim agar segera melengkapi data-data sehingga secepatnya bisa dilakukan proses lelang maupun tender.

Untuk pengelolaan, menurut Bupati Suwirta nantinya apakah dipakai Pamsimas, BUMDes atau diserahkan ke PDAM.

Selain itu, kata Bupati Suwirta, Pemkab juga saat ini tengah berkoordinasi dengan pusat untuk rencana peminjaman dana PEN sebesar Rp 45 miliyar untuk menangani peningkatan SPAM mata air Nusa Penida.

Sementara itu, Plt Perbekel Bunga Mekar, I Made Supradnya Yasa mengatakan, mata air Segening memiliki debit air sebesar 6 liter/detik.

Jarak sumber mata air dari atas tebing sekitar 300 meter.

Sedangkan jumlah penduduk Desa Bunga Mekar saat ini sebanyak 900 KK atau sekitar 3.000 jiwa. (*)

Artikel lainnya di Berita Klungkung

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved