Breaking News:

Corona di Bali

TNI di Bali Mulai Jalankan Tracing dan Swab Kontak Erat Langsung ke Rumah-rumah

Puskesmas Susut II melakukan swab PCR terhadap warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Banjar Desa Sala

Penulis: Adrian Amurwonegoro | Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Dok. Kodim 1626/Bangli
Seorang warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19 menjalani swab sebagai bagian dari upaya tracing dan testing Covid-19 di Desa Abuan, Susut, Bangli, Bali, Jumat 30 Juli 2021 - TNI di Bali Mulai Jalankan Tracing dan Swab Kontak Erat Langsung ke Rumah-rumah 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Babinsa Koramil 1626-02/Susut Kodim 1626/Bangli Serma I Putu Budi Utama, bersama petugas kesehatan dari Puskesmas Susut II melakukan swab PCR terhadap warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19 di Banjar Desa Sala dan Banjar Abuan Kangin, Desa Abuan, Susut, Bangli, Bali, Jumat 30 Juli 2021.

"Swab PCR ini dilakukan sebagai upaya mengetahui kondisi warga yang dimungkinkan melakukan kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi Covid-19," terang Dandim 1626/Bangli, Letkol Inf I Gde Putu Suwardana S.I.P kepada Tribun Bali.

Sebelum pelaksanaan kegiatan swab, para anggota Babinsa di lapangan telah memberikan sosialisasi dan dukungan moril terhadap warga.

“Manfaat swab PCR adalah untuk mengetahui apakah terpapar Covid atau tidak, kepada warga agar tidak panik dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19. Kepada masyarakat diharap selalu melindungi dirinya dan keluarga dengan mentaati protokol kesehatan Covid-19," ujarnya.

Baca juga: Lanal Denpasar Gelar Vaksinasi Covid-19 Dosis Kedua, Targetkan 500 Orang Lebih

Pihaknya berharap dengan massifnya tracing dan swab PCR tersebut dapat memutus dan mencegah penyebaran virus corona saat ini.

Ia menuturkan, anggota Babinsa di lapangan bertugas untuk melaksanakan tracing terhadap keluarga di masing-masing wilayah binaan, sekaligus berkoordinasi dengan kepala kewilayahan serta petugas Puskesmas penanganan Covid-19.

"Adapun kegiatan penelusuran kontak bertujuan untuk menghentikan penyebaran yang sedang berlangsung dan mengurangi penyebaran virus Covid-19. Mengingatkan tentang kontak peluang virus dan menawarkan layanan pencegahan, memberikan pengarahan, dan perawatan kepada penderita," pungaks dia.

Tak Ada Gerai Khusus, Masyarakat Bangli yang Hendak Vaksin Covid-19 Bisa Langsung ke Puskesmas

Pelaksanaan vaksinasi virus corona bagi masyarakat umum di Bangli hingga kini masih terus digencarkan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved