Breaking News:

Berita Karangasem

Tradisi Memasang Sanggah Gedebong di Desa Tenganan Karangasem, Simbol Rasa Syukur ke Sang Pencipta

Gedebong  tersebut ditanam tepat di halaman rumah. Dihiasi dengan busung (janur), dan berisi macam bunga, seperti gumitir dan jepun

Penulis: Saiful Rohim | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/Saiful Rohim
Sanggah gedebong yang dipasang di halaman rumah warga di Desa Adat Tenganan Pegeringsingan, Kecamatan Manggis, Senin (16/8/2021). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA – Setiap di depan halaman rumah warga di Desa Tenganan Pegeringsingan, Kecamatan Manggis, Karangasem terlihat gedebong (pohon pisang) berjejer rapi.

Gedebong  tersebut ditanam tepat di halaman rumah. Dihiasi dengan busung (janur), dan berisi macam bunga, seperti gumitir dan jepun

Janur yang dipasang di gedebong dibentuk dan sudah dipotong. Bentuknya bervariatif. Mulai bentuk burung, belalang, ketupat, hingga bentuk lainnya.

Sedangkan bunganya di pasang dipinggir gedebong  serta beberapa daun yang dipasang di bagian atas. Sedangkan di bagian tengah terdapat api.

Baca juga: Guna Meringankan Beban Warga, Polres Karangasem Gencar Distribusikan Bantuan Sembako

Klian 1 Desa Adat Tenganan Pegeringsingan, Putu Madri Atmaja, menjelaskan, gedebong yang dipasang di halaman rumah warga dinamakan sanggah gedebong.

Biasanya  prosesi ini dilakukan  tanggal 5 sasih kaulu,  sesuai perhitungan kalender Desa Tenganan Pegeringsingan tiap tahunnya.

"Krama membuat sanggah gedebong setiap pang 5 sasih kaulu. Rangkaian dari  sasih kaulu. Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap tahunnya," tambah Putu Madri Atmaja.

Prosesi upacara dilaksanakan beberapa hari sebelum dibuat sanggah gedebong. Bahannya  janur, bunga, dan beberapa bahan lainya.

Ditambahkan, sarana upacara yang digunakan yakni jajan khas di Desa Adat Tenganan Pegeringsingan. Seperti makanan ketan yang diolah masyarakat, serta jajan lainnya.

Prosesi ini rutin dilaksanakan tiap tahun oleh krama. Mengingat upacara ini merupakan warisan leluhur sebelumnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved