Breaking News:

Menggaet 158 Ribu UMKM, Smesco Target Digitalisasi Usaha Mikro hingga 2023

Pelaku UMKM di Indonesia didorong masuk ke pasar digital dan memanfaatkan Smesco sebagai center of excellent UMKM

Tribun Bali/Putu Supartika
Ilustrasi UMKM - Menggaet 158 Ribu UMKM, Smesco Target Digitalisasi Usaha Mikro hingga 2023 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Pelaku UMKM di Indonesia didorong masuk ke pasar digital dan memanfaatkan Smesco sebagai center of excellent UMKM.

Digitalisasi ini sebagai upaya untuk menggarap potensi digital Indonesia yang diperkirakan bisa mencapai Rp 1.700 triliun pada 2025.

Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengatakan, pertumbuhan platform digital seperti e-commerce, ride hailing, dan pembayaran digital telah membawa Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar dan tercepat di ASEAN kurun dua tahun ini.

“Smesco telah menuntaskan lima pilar pendekatan percepatan pemulihan ekonomi mikro yakni, platform digital untuk menjangkau pelanggan, platform digital untuk menjangkau pemasok, platform digital untuk back office, platform digital untuk analitic data dan platform digital untuk logistic,” kata Leonard dalam siaran pers, Jumat 27 Agustus 2021.

Baca juga: PLN UID Bali Peduli Dukung UMKM Jembrana Dalam Mengembangkan Ruang Kreatif PLN

Lebih lanjut, Leonard memaparkan, Smesco menargetkan digitalisasi 158.000 UMKM hingga tahun 2023, dalam kurun waktu tersebut akan terbentuk sebuah ekosistem UMKM Smesco yang memiliki kekuatan ekonomi digital unggul.

Keberadaan UMKM tersebut akan didukung dengan tujuh fasilitas layanan usaha bagi pelaku UMKM yakni; Pusat Wastra Nusantara, Xpora, Fulfillment Center, Smesco Hub Timur, Smesco Labo, Pusat Layanan UKM dan Siren.id.

Siren.id sebuah platform dropship dan re-seller yang dapat dimanfaatkan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk membantu pemasaran produk UMKM dan member bisa mendapatkan keuntungan dari proses penjualan produk UMKM tersebut.

Keistimewaan platform ini, yakni menetapkan satu harga harga ongkos kirim atau flat untuk tujuan kirim dari dan ke seluruh Indonesia.

Leonard mengatakan terciptanya sinergi antara UMKM, pemerintah dan stakeholder pendukung lainnya bisa dipastikan proses transformasi digital UMKM akan dapat berjalan sempurna.

Dengan begitu target pemerintah untuk memperbanyak UMKM berbasis digital dapat terwujud. Dalam ekosistem ekonomi digital Indonesia, Smesco dapat sebagai hub transformasi digitalisasi UMKM masa depan.

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved