Breaking News:

Corona di Indonesia

Rencana Menkes di Masa Depan, Boleh Nonton Bola Tak Berjarak di Stadion

Sebab meskipun sudah banyak yang menerima vaksin, virus ini akan selalu ada. Nantinya pandemi akan berubah jadi endemi.

Editor: DionDBPutra
Tribun Bali/I Wayan Eri Gunarta
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Situasi pandemi Covid-19 saat ini mulai menunjukkan perubahan ke arah yang lebih baik.

Begitu juga dengan capaian vaksinasi yang semakin diperluas. Ke depannya, pemerintah akan menyiapkan strategi dan juga tata cara untuk hidup berdampingan bersama corona.

Sebab meskipun sudah banyak yang menerima vaksin, virus ini akan selalu ada. Nantinya pandemi akan berubah jadi endemi.

Untuk itu Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa protokol kesehatan akan jadi suatu hal yang biasa diterapkan dalam kegiatan masyarakat menggunakan bantuan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga: Warga Tabanan Antusias Mengikuti Gerai Vaksinasi Massal Covid-19

Baca juga: Dinsos Bangli Layani Vaksinasi Bagi 577 Penyandang Disabilitas

Nantinya, orang yang telah divaksin akan punya keistimewaan dalam berkegiatan di ruang publik dibanding dengan orang yang belum divaksin.

Salah satunya aturan makan di tempat makan yang akan diatur sedemikian rupa menyesuaikan dengan status vaksinasi seseorang.

"Penting ini untuk kontrol protokol kesehatan. Karena dengan PeduliLindungi kita bisa atur. Kalau orangnya sudah divaksin dia boleh perilakunya seperti ini, misalnya duduk di meja berempat, atau yang tidak vaksin duduk di meja berdua. Yang belum divaksin mejanya di luar, yang sudah divaksin mejanya boleh di dalam," kata Budi dalam keterangan pers virtual terkait PPKM, Senin 31 Agustus 2021.

Selain itu, Budi juga menambahkan contoh penerapan protokol kesehatan lainnya seperti pada saat menonton pertandingan olah raga secara langsung di stadion.
Mereka yang sudah divaksin akan punya keleluasaan seperti posisi duduk yang boleh berdekatan hingga diperbolehkan makan. Berbeda dengan yang belum divaksin.

"Untuk yang sudah divaksin kalau nonton bola tribunnya boleh lebih ketat, boleh teriak-teriak, dijualin makanan. Kalau yang belum vaksin berjarak harus pakai masker, tidak boleh makan," tambahnya.

Seluruh aturan protokol kesehatan tersebut nantinya akan diterapkan sebagai bagian dari hidup bersama Covid-19 di masa depan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved