Breaking News:

Berita Bali

Kakanwil Kemenkumham Bali Temui Wagub Cok Ace Bahas Pengawasan Protokol Kesehatan WNA

Kakanwil Kemenkumham Bali didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Amrizal, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Surya Mataram

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Wema Satya Dinata
istimewa kiriman Humas Kanwil Kemenkumham Bali
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Jamaruli Manihuruk saat Audiensi dengan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Senin 6 September 2021 di Ruang Pertemuan Wakil Gubernur Bali, Renon, Denpasar. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN BALI.COM, DENPASAR - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Jamaruli Manihuruk melaksanakan Audiensi dengan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Senin 6 September 2021 di Ruang Pertemuan Wakil Gubernur Bali, Renon, Denpasar.

Dalam audiensi tersebut, Kakanwil Kemenkumham Bali didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Amrizal, dan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai Surya Mataram.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali Dewa Nyoman Rai Dharmadi dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa.

Dihadapan Wakil Gubernur Bali, Jamaruli Manihuruk menyampaikan bahwa terkait pelaksanaan operasi dari Kanwil Kemenkumham Bali khususnya dari Kantor Imigrasi dalam hal pengawasan dokumen izin tinggal WNA  yang selama ini telah dibantu oleh Satpol PP Provinsi Bali dalam pengawasan orang asing serta penertiban protokol kesehatan terhadap orang asing yang ada di Bali.

Baca juga: Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

"Dalam hal ini kami dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali memohon dukungan kepada Bapak Wakil Gubernur terutama dari unsur Satpol PP Provinsi Bali untuk menjalankan operasi pengawasan orang asing seperti halnya operasi terkait kepatuhan Protokol Kesehatan", ujar Jamaruli Manihuruk dalam keterangan tertulisnya.

Ia juga mengharapkan kepada Wakil Gubernur selaku ketua PHRI dan Badan Pimpinan Daerah Provinsi Bali untuk mendukung program dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali.

"Semoga dengan rutinnya dilaksanakan operasi pengawasan WNA dan kepatuhan protokol kesehatan, masyarakat menjadi lebih taat dan disiplin sehingga situasi saat ini dapat semakin membaik dan pariwisata di Provinsi Bali dapat berjalan normal kembali sehingga apa yang telah direncanakan sebelumnya, wisatawan yang berkunjung ke Bali dapat segera terwujud," harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Wagub Bali Cok Ace sangat mengapresiasi kedatangan Kakanwil Kemenkumham Bali beserta rombongan dimana disampaikan bahwa telah dilakukan koordinasi dengan Satpol PP Provinsi Bali dan Satpol PP Kabupaten Badung bahwa Pemerintah Provinsi Bali telah melakukan evaluasi terhadap apa yang sudah ditempuh selama ini.

"Hal ini merupakan momentum baik terhadap penindakan dalam operasi yang telah dilakukan dan kami sangat mendukung akan hal tersebut," ucap Cok Ace.

Selanjutnya, perihal kedatangan Wisatawan Mancanegara, pihaknya dapat berupaya melaksanakannya melalui essential travel atau perjalanan khusus yang mungkin bisa dilakukan seperti halnya perjalanan diplomatik atau pengusaha.

Selain itu, terkait dengan pengawasan protokol kesehatan dapat berbagi tugas dengan Satpol PP Provinsi Bali termasuk penertiban Wisatawan Mancanegara dalam penertiban protokol kesehatan.

Sebelum mengakhiri audiensi, Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk berharap semoga sinergitas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali dengan Pemerintah Provinsi Bali, dapat tetap berjalan baik terkait dengan pengawasan  terhadap orang asing.

Serta menegakkan protokol kesehatan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat baik WNI maupun WNA di Provinsi Bali.(*)

Artikel lainnya di Berita Bali

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved