Breaking News:

Serba Serbi

Sulinggih Lebar, Berikut Prosesi Pelebonnya dalam Masyarakat Hindu Bali

Prosesi upacara lebar (meninggal) seorang sulinggih berbeda dengan walaka (orang biasa), karena seorang sulinggih telah terlebih dulu melaksanakan

Penulis: AA Seri Kusniarti | Editor: Wema Satya Dinata
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
ilustrasi prosesi pelebon - Sulinggih Lebar, Berikut Prosesi Pelebon dalam Masyarakat Hindu Bali 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Anak Agung Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ketika seorang sulinggih lebar atau mangkat (meninggal) di Bali, maka upacaranya akan berbeda dengan welaka atau masyarakat biasa tatkala meninggal dunia.

Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Putra Sara Shri Satya Jyoti menjelaskan tentang hal itu kepada Tribun Bali, Selasa 14 September 2021.

"Prosesi upacara lebar (meninggal) seorang sulinggih berbeda dengan walaka (orang biasa), karena seorang sulinggih telah terlebih dulu melaksanakan upacara yang disebut madiksa, atau disebut dengan dwijati (lahir dua kali)," sebut beliau.

Lahir dua kali ini maksudnya, pertama lahir dari rahim (garbha) seorang ibu, dan yang kedua adalah lahir melalui proses dari seorang nabe atau guru.

Baca juga: Ida Pedanda Gede Jelantik Karang Lebar, Ini Kekaguman Ari Dwipayana pada Sosok Sang Sulinggih

Sedangkan walaka disebut ekajati atau lahir hanya satu kali, yaitu lahir dari rahim seorang ibu.

"Sehingga proses ngaben seorang sulinggih berbeda dengan proses pengabenan seorang walaka. Hal ini juga disebabkan bahwa sesungguhnya seorang sulinggih di saat melaksanakan upacara dwijati.

Beliau sesungguhnya telah melaksanakan upacara pengabenan dalam saat hidup, yaitu dalam perubahan dari walaka menjadi sulinggih dengan proses dwijati," jelas beliau.

Oleh karena itu, upacara madwijati atau madiksa didahului dengan upacara mati raga (seda raga), yang dilanjutkan dengan upacara pengaskaran oleh nabe kepada nanak (calon diksita/sulinggih).

Hal itu dilakukan layaknya seperti orang yang telah meninggal dalam sebuah upacara pengabenan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved