Breaking News:

Berita Badung

Aplikasi PeduliLindungi Sempat Error, Penumpukan Penumpang Terjadi di Bandara Ngurah Rai

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang terintegrasi dengan e-HAC dan digunakan untuk melakukan penerbangan oleh calon penumpang

Penulis: Zaenal Nur Arifin | Editor: Karsiani Putri
ITDC
ILUSTRASI- Penggunaan Aplikasi PeduliLindungi 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA - Penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang terintegrasi dengan e-HAC dan digunakan untuk melakukan penerbangan oleh calon penumpang ternyata tidak berjalan baik.

Informasi yang didapat tribunbali.com sempat terjadi penumpukan penumpang di pintu masuk terminal keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali selama 2 hari terakhir.

Baca juga: Kantor Instansi Pemerintah di Denpasar Segera Terapkan Aplikasi PeduliLindungi, ASN Wajib Instal

Baca juga: Seluruh Bioskop di Denpasar Peroleh Rekomendasi Kemenparekraf, Telah Pasang QR Code PeduliLindungi

Hal tersebut pun dikeluhkan sejumlah calon penumpang saat itu karena mereka cemas terlambat cek in dan boarding.

Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira membenarkan adanya penumpukan penumpang dua hari terakhir.

"Iya memang benar sempat terjadi penumpukan panjang penumpang dua hari terakhir karena memang saat itu mungkin aplikasi PeduliLindungi error atau down, tapi itu tidak berlangsung lama lalu normal lagi," ujar Taufan saat dihubungi tribunbali.com, Kamis 16 September 2021.

Ia menambahkan kejadiannya terjadi pada hari Selasa, dan Rabu tanggal 15 September 2021 kemarin sekira pukul 09.43 Wita lalu normal kembali aplikasi PeduliLindungi dapat diakses pukul 10.00 Wita.

Dimungkinkan saat jam-jam tersebut merupakan peak penumpang di terminal keberangkatan, sehingga penumpukan terjadi saat itu.

Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya langsung melakukan mitigasi dengan cara pengecekan sertifikat vaksinasi dan hasil tes negatif Covid-19 secara manual petugas meminta penumpang menunjukkan hard copy dokumen tersebut.

Selain itu tim pengawas protokol kesehatan dari petugas Avsec juga melakukan pengaturan jarak satu penumpang dengan penumpang lain agar pshycal distancing tetap terjaga.

"Antisipasi kedepannya jika terjadi lagi error atau down pada aplikasi PeduliLindungi kita lakukan seperti kemarin (pengecekan manual) karena pengembang aplikasi PeduliLindungi bukan dari kami. Yang bisa kami lakukan hanya validasi dokumen jadi manual," imbuh Taufan.

Ia juga menghimbau kepada calon penumpang keberangkatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali agar menyiapkan hard copy dokumen kesehatan seperti sertifikat vaksin, hasil negatif tes Covid-19 dibawa agar memudahkan petugas nanti jika suatu saat aplikasi PeduliLindungi down lagi seperti kemarin. 

Disinggung apakah hari ini juga terjadi penumpukan penumpang seperti kemarin atau tidak, Taufan menyampaikan hari ini tidak ada laporan adanya penumpukan penumpang di pintu masuk keberangkatan domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved