Breaking News:

Berita Klungkung

Jadi Bagian Pembangunan Pusat Kebudayaan Bali, Pengerjaan Normalisasi Sungai Unda Sudah 55,8 Persen

Gubernur Bali I Wayan Koster meninjau pengerjaan proyek normalisasi Sungai Unda di Eks Galian C Klungkung, Minggu (19/9).

Penulis: Eka Mita Suputra | Editor: M. Firdian Sani
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Gubernur Bali I Wayan Koster meninjau pengerjaan proyek normalisasi Sungai Unda di Eks Galian C Klungkung, Minggu 19 September 2021 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Gubernur Bali I Wayan Koster meninjau pengerjaan proyek normalisasi Sungai Unda di Eks Galian C Klungkung, Minggu (19 September).

Dari hasil tinjauannya, ia mengatakan pengerjaan normaliasi Unda itu sudah 57,8 persen, dari target 44 persen.

"Jadi pengerjaan normalisasi Sungai Unda ini sudah lebih cepar dari target," ujar Wayan Koster saat berada di lokasi proyek normalisasi Sungsi Unda.

Wayan Koster mengungkapkan, normalisasi Sungai Unda merupakan tahap awal dari rencana mega proyek pembangunan Pusat Kebudayaan Bali di Eks Galian C Klungkung.

Normalisasi Sungai Unda dimaksudkan untuk mengembalikan alur sungai yang mengalami perubahan pasca erupsi Gunung Agung tahun 2017 lalu. 

Baca juga: Progres Pembangunan RTH Bung Karno Buleleng, Patung Bung Karno Ditargetkan Dipasang September 2021

Normalisasi harus dilakukan karena tingginya sedimentasi akibat banjir lahar, termasuk tergerusnya tebing sungai akibat banjir.

Sehingga menggerus lahan milik masyarakat, dan terjadinya perubahan alur sungai akibat penumpukan endapan erupsi.

"Saya sempat beri gagasan agar dibuat alur sungai buatan, agar air sungai tidak meluber. Karena nanti di kawasan ini juga akan dibangun Pusat Kabudayaan Bali," ungkap Wayan Koster.

Pengerjaan fisik normaliasi Sungai Unda itu sepenuhnya dianggarkan dari APBN Perubahan, dengan nilai kontrak Rp234 miliar.

Sementara untuk pembebasan lahannya dianggarkan dengan APBD Provinsi Bali senilai sekitar Rp45 miliar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved