Breaking News:

Penerbangan Internasional Dibatasi Hanya di 2 Bandara di Indonesia, Ngurah Rai Bali Tidak Termasuk

Penerbangan internasional kini dibatasi hanya di dua bandara di Indonesia. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tidak termasuk.

Humas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali
Suasana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali belum lama ini. Bandara Ngurah Rai tidak termasuk pintu masuk penerbangan internasional. 

TRIBUN-BALI.COM – Penerbangan internasional kini dibatasi hanya di dua bandara di Indonesia.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali tidak termasuk bandara yang menjadi pintu masuk penerbangan internasional tersebut.

Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuat kebijakan membatasi penerbangan internasional hanya di dua bandara untuk mengantisipasi masuknya virus corona varian B.1.621 atau varian Mu.

Dua bandara yang melayani penerbangan internasional yakni Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, dan Sam Ratulangi, Manado.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran Kemenhub Nomor 74 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dari Luar Negeri dengan Transportasi Udara.

Kebijakan ini mulai berlaku efektif sejak 17 September 2021 dan dapat diperpanjang sesuai kebutuhan dan perkembangan situasi pandemi Covid-19.

"Secara umum pengaturan syarat perjalanan internasional baik di darat, laut, dan udara sama seperti aturan sebelumnya. Untuk syarat kesehatan merujuk pada SE Satgas Nomor 18 Tahun 2021 dan untuk kategori orang asing yang dapat masuk ke Indonesia merujuk pada Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, dikutip dari Kompas.com, Selasa 21 September 2021.

Dua bandara yang menjadi pintu masuk penerbangan internasional
Dua bandara yang menjadi pintu masuk penerbangan internasional (instagram/@kemenhub)

Prosedur dan Syarat Kedatangan Penumpang

Selain pelaku perjalanan berstatus warga negara asing (WNA), aturan perjalanan internasional juga berlaku bagi para pekerja migran asal Indonesia, warga negara Indonesia (WNI), awak pesawat penumpang maupun kargo, dan personel penerbangan yang akan masuk ke Indonesia.

Berikut prosedur dan syarat kedatangan penumbang internasional di bandara:

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved